Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

237 - MDCare, Improves Medical Doctors in Taking Care of Their Patients.


Nama Inisiator

Dody Qori Utama

Organisasi

Biomedical Engineering Institut Teknologi Bandung

Deskripsi Proyek

MDCare adalah aplikasi mobile health yang digunakan oleh dokter, dokter gigi dan praktisi kesehatan lainnya yang berfungsi untuk membantu mereka dalam melayani dan merawat pasien mereka dari jarak jauh menggunakan media smartphone. MDCare berfungsi untuk membantu seorang dokter mengingatkan pasiennya tentang terapi, minum obat, pantangan dan anjuran pengobatan. Seorang dokter, hanya perlu menginputkan data pengobatan pasiennya seperti data obat, diagnosa, pantangan dan saran kedalam smartphone yang dimilikinya , lalu MDCare akan mengingatkan pasien tersebut secara otomatis di waktu-waktu yang ditentukan .

Tipe Konten

Mobile Application yang berjalan di atas platform Android

Masalah yang Diangkat

Di Indonesia pengetahuan dan pemahaman orang dalam prosedur pengobatan masih rendah. Lupa minum obat, lupa mengunjungi dokter dan lupa pantangan dalam pengobatan masih menjadi hal yang lumrah. Hal tersebut menyebabkan tingkat kesembuhan orang ketika kedokter manjadi lebih rendah .

Solusi

Membuat software yang membantu dokter mengotomatisasi reminder yang membantu proses penyembuhan pasien seperti mengingatkan :
a. minum obat
b. kunjungan
c. larangan makanan minuman
d. saran kegiatan yang membantu proses penyembuhan

Strategi Distribusi

Melalui mitra kami Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Dokter Umum Indonesia. Selain itu biomedical engineering ITB memiliki link yang luas di bidang medis Indonesia seperti banyak rumah sakit di Indonesia.
Aplikasi kami menggunakan pesan singkat SMS dimana 100% handphone yang saat ini sudah support SMS. Selain itu berdasarkan salah satu data operator terbesar di Indonesia , sinyal telepon seluler di Indonesia untuk SMS sudah memiliki coverage sekitar 90%.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Seluruh pasien yang berobat ke Dokter dengan MDCare

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Ada 400 Dokter , dokter gigi dan tenaga medis di Indonesia menggunakan aplikasi MDCare

Lokasi

Bogor, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 300 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan