Anda berada di mode pratinjau.
| |

Serune Kalee Android

233

233 - Serune Kalee Android

Serune Kalee, adalah alat musik tiup tradisional dari Aceh. Serune Kalee dimainkan dalam perayaan acara adat seperti pernikahan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, suara unik instrumen ini mulai ditinggalkan dan diganti dengan iringan musik modern. Pesatnya perkembangan Android akan menjadi media untuk melestarikan Serune Kalee. Serune Kalee akan dibangun kembali dalam bentuk digital berbasis Android. Sehingga, dengan adanya aplikasi ini, penikmat musik dapat mengetahui cara belajar dan menggunakan Serune Kalee dan tidak membingungkan dalam proses belajar Serune Kalee.

Nomor:
233

Nama Lengkap Inisiator:
Taufan Chalis

Lokasi:
Aceh

Judul Proyek:
Serune Kalee Android

Lama Aktivitas:
8 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Pemusik, baik tradisional maupun modern di Aceh

Ukuran Keberhasilan:
1. Pesatnya perkembangan Android.
2. Musik adalah seni yang mempunyai nilai estetika tinggi yang terus berkembang.
3. Bagi pemula, aplikasi ini menjadi acuan pengaturan nada karena jika belajar instrumen ini, dua hal yang harus dipelajari yaitu : pengaturan nafas & pengaturan nada.
4. Serune Kalee adalah instrumen tradisional yang sampai sekarang belum ada standarisasi khusus dan sangat minim referensi dari instrumen ini.

Tipe Konten:
Aplikasi alat musik tiup tradisional dengan interface Serune Kalee berbasis Android yang dapat dimainkan seperti halnya aplikasi piano atau gitar di gadget Android pada umumnya.

Strategi Distribusi:
Melakukan publikasi aplikasi melalui internet, kontes seni musik, dan forum lainnya yang bersifat sosialisasi. Aplikasi dibuat tanpa menghilangkan bentuk asli Serune Kalee.<br /> Sehingga pengguna mengetahui bentuk instrumen dan nada aslinya.<br /> Selain itu, akan ada demo lagu khas daerah aceh sebagai manual guide bagi pengguna.

Dana yang Diminta:
Rp. 35 Juta

Deskripsi Proyek:
Serune Kalee, adalah alat musik tiup tradisional dari Aceh. Serune Kalee dimainkan dalam perayaan acara adat seperti pernikahan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, suara unik instrumen ini mulai ditinggalkan dan diganti dengan iringan musik modern.<br /> Pesatnya perkembangan Android akan menjadi media untuk melestarikan Serune Kalee. Serune Kalee akan dibangun kembali dalam bentuk digital berbasis Android. Sehingga, dengan adanya aplikasi ini, penikmat musik dapat mengetahui cara belajar dan menggunakan Serune Kalee dan tidak membingungkan dalam proses belajar Serune Kalee.

Definisi Masalah:
1. Serune Kalee sudah mulai ditinggalkan.<br /> 2. Minimnya kesadaran masyarakat akan nilai budaya tradisional.<br /> 3. Bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan nilai budaya tradisional.

Cara Mengatasi:
Perkembangan teknologi tidak bisa dibendung. Melalui device Android yang berkembang pesat, instrumen tradisional Serune Kalee bisa diimplementasikan ke dalam wujud digital yang dapat diakses sebagai Aplikasi Android. Aplikasi ini menggunakan suara asli instrumen dan interface yang dipakai adalah gambar Serune Kalee asli, sehingga melalui aplikasi ini Serune Kalee dikenal masyarakat luas, baik kualitas suara yang dihasilkan maupun bentuk asli instrumen.

Perkembangan Proyek