Anda berada di mode pratinjau.
| |

JEJAQ – Olahraga untuk Perubahan Sosial

226

226 - JEJAQ – Olahraga untuk Perubahan Sosial

JEJAQ adalah sebuah media multi-platform (aplikasi seluler dan website) untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama membuat perubahan ke arah yang lebih baik, sambil dibarengi ajakan gaya hidup sehat dengan semakin rajin dan rutin berolahraga.

JEJAQ menjadi katalis dan mediator bagi 3 pihak utama:

  1. Inisiator Program Banyak inisiatif, baik perorangan atau organisasi, memiliki program yang bertujuan membuat perbaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Entah itu dalam bidang sosial, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan dan lain sebagainya.
  2. Donor Pihak yang karena jiwa sosialnya ingin turut membantu terwujud atau terlaksananya program-program yang baik dan berpotensi membawa perubahan masyarakat. Dukungan donor umumnya berupa dana.
  3. Kontributor Kami mulai dari mengajak masyarakat pecinta olahraga – pesepeda, pelari atau perenang yang secara rutin berolahraga untuk menyumbangkan jarak tempuh mereka bagi program tertentu, kemudian dikonversikan menjadi dana sumbangan dari para donor.

Sebagai katalis dan mediator JEJAQ berperan sebagai:

  1. Media informasi bagi inisiatif program
  2. Sarana memilih dan mendukung program tersebut, baik oleh donor maupun para kontributor
  3. Sarana menggalang dana yang dibutuhkan program tersebut
  4. Media inspiratif untuk melakukan perubahan secara bersama-sama

JEJAQ menfasilitasi gerakan moral untuk saling berbagi, saling dukung dan berbagi gagasan upaya perubahan ke arah yang lebih baik.

Nomor:
226

Nama Lengkap Inisiator:
Andrew Linggar

Lokasi:
Jakarta Timur

Judul Proyek:
JEJAQ - olahraga untuk perubahan sosial

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
PENGGUNA/PENERIMA MANFAAT LANGSUNG 1. Inisiatif Program yang membutuhkan dukungan dana untuk mewujudkan, menjalankan atau mengembangkan gagasannya 2. Pendonor, baik individu atau organisasi/badan yang berkepentingan untuk menyalurkan dana sosialnya ke program yang tepat dan ingin melibatkan peran serta masyarakat luas 3. Kontributor, yaitu masyarakat luas yang terinspirasi dan ingin turut berperan dalam mewujudkan sebuah program dalam bentuk kegiatan olahraganya PENGGUNA/PENERIMA MANFAAT TIDAK LANGSUNG 1. Pengelola kegiatan olahraga yang dapat diajak untuk turut mempublikasikan JEJAQ ke anggota/peserta kegiatannya 2. Masyarakat umum yang dapat berperan dalam menyebarluaskan aktivitas JEJAQ

Ukuran Keberhasilan:
KUALITATIF
1. menularkan inspirasi semangat sosial ke masyarakat luas
2. menumbuhkan kebiasaan baik di antara penggunanya untuk:
a. berolahraga dan merekam jejak kilometer hasil kegiatannya
b. berdonasi dengan mengkonversikan rekam jejak kilometer
c. mempromosikan atau menyebarkan informasi tentang inisiatif program yang membutuhkan dukungan masyarakat luas.
d. menjadikan kebiasaan membantu orang lain dengan menggunakan aplikasi JEJAQ di seluler
KUANTITATIF
1. Berhasil mengundang 8-10 inisiatif program untuk diperkenalkan secara luas kepada donor, kontributor dan masyarakat
2. Berhasil mengundang 10.000 kontributor untuk mendukung inisiatif-inisiatif program yang diperkenalkan JEJAQ
3. Berhasil mengumpulkan kontribusi 1.000.000 jejak kilometer untuk mendukung inisiatif-inisiatif program
4. Berhasil mengundang donor untuk mewujudkan program-program yang telah didukung para kontributor dan masyarakat luas

Tipe Konten:
Website (pengelolaan dan media sosial dan berpromosi) yang mampu berintegrasi dengan sistem lain, aplikasi mobile berbasiskan GPS, serta aplikasi (bridge) untuk berkomunikasi dengan RFID system.

Strategi Distribusi:
Sasaran promosi utama adalah terhadap ketiga pihak utama dengan metode dan jalur yang berbeda bagi masing-masing.<br /> 1. Publikasi di media elektronik dan cetak pada umumnya<br /> 2. Publikasi di media online pada umumnya<br /> 3. Publikasi melalui jaringan media sosial, web dan aplikasi JEJAQ juga berperan sebagai jaringan media sosial yang dapat terhubung dgn berbagai jaringan media sosial lainnya<br /> 4. Publikasi secara spesifik terhadap calon kontributor, yaitu di kalangan pelaku olahraga melalui berbagai media atau berbagai kegiatan<br /> Mengingat biaya tinggi apabila menggunakan media publikasi konvensional, maka prioritas media yang akan digunakan adalah melalui jaringan internet seperti jaringan media berita digital, jaringan media sosial, atau aplikasi seluler. Website dan aplikasi seluler JEJAQ sendiri pun akan berperan sebagai sebuah jaringan media sosial.Kerjasama strategis dengan penyedia jasa jaringan seluler akan menjadi sebuah dukungan yang besar untuk publikasi JEJAQ.<br /> JEJAQ website dan JEJAQ Mobile akan dikembangkan dalam kerangka : berintegrasi dengan banyak aplikasi media sosial: web service maupun API (RESTful API) merupakan salah satu komponen penting

Dana yang Diminta:
Rp. 1 Milyar

Deskripsi Proyek:
JEJAQ adalah sebuah media multi-platform (aplikasi seluler dan website) untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama membuat perubahan ke arah yang lebih baik, sambil dibarengi ajakan gaya hidup sehat dengan semakin rajin dan rutin berolahraga.<br /> <br /> JEJAQ menjadi katalis dan mediator bagi 3 pihak utama:<br /> 1. Inisiator Program<br /> Banyak inisiatif, baik perorangan atau organisasi, memiliki program yang bertujuan membuat perbaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Entah itu dalam bidang sosial, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan dan lain sebagainya.<br /> 2. Donor<br /> Pihak yang karena jiwa sosialnya ingin turut membantu terwujud atau terlaksananya program-program yang baik dan berpotensi membawa perubahan masyarakat. Dukungan donor umumnya berupa dana.<br /> 3. Kontributor<br /> Kami mulai dari mengajak masyarakat pecinta olahraga – pesepeda, pelari atau perenang yang secara rutin berolahraga untuk menyumbangkan jarak tempuh mereka bagi program tertentu, kemudian dikonversikan menjadi dana sumbangan dari para donor.<br /> <br /> Sebagai katalis dan mediator JEJAQ berperan sebagai:<br /> 1. Media informasi bagi inisiatif program<br /> 2. Sarana memilih dan mendukung program tersebut, baik oleh donor maupun para kontributor<br /> 3. Sarana menggalang dana yang dibutuhkan program tersebut<br /> 4. Media inspiratif untuk melakukan perubahan secara bersama-sama<br /> <br /> JEJAQ menfasilitasi gerakan moral untuk saling berbagi, saling dukung dan berbagi gagasan upaya perubahan ke arah yang lebih baik.

Definisi Masalah:
Tidak terhubungnya Inisiator, Donor dan Kontributor seringkali menjadi faktor kegagalan sebuah program yang baik.<br /> Inisiatif program yang berpotensi membawa perubahan kurang dapat berkembang atau bertahan karena tidak cukup dikenal masyarakat. Tidak tersampaikannya gagasan dari program tersebut, membuat kurangnya dukungan dari masyarakat, termasuk dalam wujud dana.<br /> Para pendonor kadang kesulitan dalam menyalurkan dukungannya kepada inisiatif program yang tepat. Kejelasan informasi, program, sasaran dan organisasi pelaksana menjadi faktor penentu dalam keputusan penyaluran dukungan dana oleh donor.<br /> Masyarakat luas, yang memiliki tingkat kepedulian cukup tinggi dan ingin dapat turut berperan membantu namun tidak punya kesempatan mendukung dalam bentuk dana – perlu kesempatan untuk menyalurkan potensinya dalam bentuk lain.<br /> Melakukan perubahan ke arah yang lebih baik adalah kerja besar yang perlu melibatkan banyak pihak.

Cara Mengatasi:
JEJAQ menghubungkan Inisiator Program, Donor dan Kontributor lewat media multi-platform berbasis seluler yang dipakai secara luas untuk menggalang dana secara akuntable dan transparan. Bagi Inisiator Program, JEJAQ menjadi media informasi program kerjanya secara rinci – siapa pelaksana, tujuan, masalah, metode, penerima manfaat dan kebutuhan dukungan yang ditargetkan. Donor dan kontributor dapat memilih secara tepat/berimbang program yang layak mendapat dukungan. Popularitas program menunjukkan kepercayaan dan harapan masyarakat akan manfaat program itu. Kontributor menyumbangkan jejak kilometer kegiatan olahraga mereka, terekam melalui fasilitas GPS selulernya, untuk didedikasikan bagi program pilihannya. Pendonor menerima laporan berkala hasil pencapaian jejak kilometer program yang didukungnya dengan perhitungan konversi dalam bentuk dana. Selain berfungsi sebagai jaringan media sosial internal, JEJAQ juga terhubung dgn berbagai media sosial, SMS atau media digital lainnya.

Perkembangan Proyek