Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

207 - Dengan Ponsel menekan Stigma dalam Penanggulangan HIV dan AIDS


Nama Inisiator

I Made Adi Mantara

Organisasi

Yayasan Kesehatan Bali

Deskripsi Proyek

Membangun kampanye dari pelaku langsung dengan memunculkan kegiatan sehari – hari mereka seperti masyarakat umum lainnya dan juga kegiatan mereka yang berhubungan dengan penanggulangan HIV dilingkungan mereka. Mengembangkan modul pendidikan membuat video sederhana dengan menghormati asas konfidensialitas dan juga menghormati nilai – nilai dalam dunia kesehatan

Tipe Konten

Foto dan video

Masalah yang Diangkat

Dengan menyasar kelompok-kelompok yang beresiko, seperti Pekerja Seks, Pengguna Narkotika suntik, Transgender dan Gay dengan gaya kampanye HIV sebagai penyakit prilaku justru memunculkan stigma yang semakin dalam terhadap kelompok-kelompok ini. Dan dengan stigma tersebut, sangat sulit untuk mendorong kelompok-kelompok ini untuk terlibat lebih jauh karena sudah mengambil jarak akibat kampanye yang selama ini dilakukan. Sedangkan kita tahu, peran mereka sangat penting dalam penanggulangan HIV, jika mereka dapat berperan lebih maksimal maka penanggulangan dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Maka stigma menjadi isu yang sangat besar dalam penanggulangan, karena kelompok – kelompok ini tidak akan mudah dijumpai dan diakui secara baik sehingga untuk datang dan terlibat dalam penanggulangan menjadi sangat sulit.

Solusi

Merubah gaya kampanye dari Kampanye HIV konvensional menuju ke Kampanye modern. Maksudnya adalah selama ini kampanye penanggulangan HIV dilakukan dengan memberikan efek jera dengan menampilkan dan mempertontonkan akibat buruk secara fisik dari orang yang terinfeksi HIV. Sedangkan pengobatan dalam penanggulangan HIV terus berkembang. Deteksi dini menjadi strategi yang baik, lebih cepat diketahui maka dapat lebih mudah untuk dipulihkan. Maka diperlukan kampanye dengan cara baru, yaitu memunculkan gambaran orang yang terinfeksi HIV seperti masyarakat pada umumnya, seperti mantan bintang pemain Basket Amerika Magic Johnson. Dengan harapan jika masyarakat memandang HIV seperti penyakit lainnya seperti Diabetes dan penyakit menular lainnya, maka deteksi dini dapat dilakukan dan pengobatan dapat dilakukan dengan mudah.

Strategi Distribusi

Dengan menggunakan website yang biasa digunakan dalam jurnalisme warga www.balebengong.net

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Masyarakat umum yang berusia 15 - 35 tahun

Kuantitas Output Konten

Dalam sebulan akan ada minimal 4 foto atau video yang diunggah ke website

Indikator Sukses

Adanya kunjungan ke website www.balebengong.net sebagai website yang akan digunakan untuk menggunggah foto dan video

Lokasi

Denpasar, Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 300 Juta

Durasi Proyek

2 Bulan