Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

205 - Wuenak – Jejaring Sosial Makanan Khas Daerah Indonesia


Nama Inisiator

Muhammad Ariasandy Pratama

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Wuenak adalah aplikasi jejaring sosial yang dikhususkan untuk berbagi info tentang kearifan pangan (makanan) lokal dari masing-masing daerah di Indonesia. Wuenak akan menjadi sarana berinteraksi antara pecinta pangan lokal (konsumen) dan pemilik bisnis pangan lokal (produsen). Hal ini dapat membantu para produsen untuk memasarkan produknya melalui jejaring social, dan juga dapat membantu para konsumen untuk pencarian makanan lokal terfavorit (rekomendasi) dari masing-masing daerah di Indonesia. Selain berbagi info lewat foto dan informasi tentang pangan lokal, aplikasi yang dibentuk dalam aplikasi mobile disertakan fitur messenger, agar dapat berinteraksi kepada user lain untuk mendapatkan info yang lebih jelas lagi terkait produk pangan lokal yang dibagikan (share).

Tipe Konten

Public service, berupa Jejaring Sosial Makanan Khas Daerah Indonesia versi Mobile App.

Masalah yang Diangkat

Pengembangan pangan lokal dilakukan karena Indonesia memiliki keragaman hayati yang sangat kaya dan belum dimanfaatkan secara optimal. Produsen pangan nasional sudah saatnya menghidupkan kembali sumber-sumber pangan lokal untuk menghentikan kemerosotan keragaman varietas jenis pangan yang dibudidayakan oleh petani. Apabila kondisi ini terus dikembangkan di seluruh wilayah nusantara, maka kemampuan nasional untuk meningkatkan produksi pangan pasti akan meningkat sekaligus menghindarkan ketergantungan terhadap jenis pangan tertentu.

Solusi

Oleh karena itu, melalui pembuatan sosial media “Wuenak” kami bertujuan untuk meningkatkan Nasionalisme masyarakat Indonesia melalui pangan lokal. Apalagi saat ini, Indonesia termasuk pengguna sosial media terbanyak. Melihat potensi ini, maka akan lebih baik lagi jika potensi ini diarahkan untuk menggunakan aplikasi sosial media “Wuenak” yang asli aplikasi buatan anak negeri. agar dapat turut aktif berbagi informasi pangan lokal dari masing-masing daerah nya, dalam rangka meningkatkan kepedulian dan kecintaan akan pangan lokal Indonesia.

Strategi Distribusi

– Via Socmed/Iklan (Facebook, Twitter, Youtube)
– Google Play Store | Windows Store
– Bekerjasama dengan Dinas Pemerintah Daerah (Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, dll)
– Bekerjasama dengan MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia) melalui program “Go Pangan Lokal”

– Dari segi tampilan aplikasi, kami akan rancang dengan UI (User Interface) yang memanjakan mata (eye catching), serta dengan UX (User Experience) yang telah diuji dan mudah digunakan. Selain itu untuk penggunaan secara teknis, kami akan lakukan sosialisasi langsung melalui seminar di kampus-kampus Indonesia.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Secara keseluruhan untuk masyarakat Kota Medan, namun untuk awal ditujukan khusus kepada mahasiswa di 5 Universitas kota Medan

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Target kami aplikasi kami dalam 3 bulan digunakan oleh 3000 orang, khususnya masyarakat kota Medan, kemudian selanjutnya ditargetkan 100.000 pengguna dari seluruh daerah Indonesia bekerja sama melalui organisasi/UKM Keilmuan Kampus di Indonesia untuk menggunakan aplikasi kami untuk membantu memaksimalkan program kampanye nasional Gerakan “Go Pangan Lokal!”

Lokasi

Serdang Bedagai, Sumatra Utara

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 50 Juta

Durasi Proyek

10 Bulan