Anda berada di mode pratinjau.
| |

Trafizap, Sistem Pemantau Kemacetan Berbasis Sosial

074

074 - Trafizap, Sistem Pemantau Kemacetan Berbasis Sosial

Trafizap adalah solusi pemantauan lalu lintas jalan raya online berbasis teknologi crowd source data intelligence, dimana sistem kami akan membaca apa yg dibicarakan orang tentang situasi lalu lintas di media sosial online (facebook,twitter,BBM,Whatsapp dll) maupun masukan langsung berbasis teks (SMS, masukan lewat aplikasi dll), lalu mengkalkulasi dan mekonversinya menjadi peta kemacetan visual realtime. Hal tsb dimungkinkan oleh engine yg disebut Zapcode yg memadukan algoritma NLP,RDBMS,geocode processor,machine learning dan AI. Penerapan crowd source data intelligence untuk memantau kemacetan secara online oleh Trafizap adalah yang pertama di dunia.

Nomor:
074

Nama Lengkap Inisiator:
Tunjung Tri Utomo

Lokasi:
Sidoarjo, Jawa Timur

Organisasi:
Trafizap Informedia

Judul Proyek:
Trafizap, Sistem Pemantau Kemacetan Berbasis Sosial

Lama Aktivitas:
9 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Pengemudi kendaraan bermotor yg memiliki perangkat smartphone dan tablet yg terhubung ke internet di Jakarta,Surabaya,Bandung,Jogja di tahap awal.Di tahap berikutnya menyusul Medan dan Makassar.

Ukuran Keberhasilan:
Ada 2 tujuan proyek Trafizap, 1.berkontribusi meringankan masalah kemacetan lalu lintas; 2. membangun bisnis menguntungkan dengan model bisnis tepat. Aplikasi Trafizap sendiri tergolong tujuan berkontribusi, dimana end-user gratis menggunakan, direncanakan bila dalam waktu 2 tahun tdk mendapat funding yg dibutuhkan, kode sumber akan dibuka. Proposal hibah kami hanya untuk membiayai pengembangan prototype dan mencapai perjanjian kerjasama definitif dengan partner kunci stasiun radio FM lalu lintas di Jakarta dan Surabaya. Dengan validasi produk dari beberapa acara tingkat dunia dan partnership kunci yg didapat nanti, kami yakin tdk sulit mendapat partner pendanaan dan pendampingan di tahap pengembangan aspek bisnis Trafizap.

Maka target yg ingin dicapai dengan hibah : 1.terciptanya prototype berupa backend server dan aplikasi seluler untuk smartphone Android dan iOS. 2.Perjanjian kerjasama dengan radio FM siaran lalu lintas masing-masing 1 di Surabaya dan Jakarta. Bingkai waktu 9 bln.

Tipe Konten:
Arsitektur Trafizap adlh server-client yg terhubung melalui internet.Server letaknya di pusat operasi,tempat dmn sistem membaca input berbasis teks (dan suara,di masa depan) berupa pembicaraan di media sosial online tentang situasi lalulintas, mengkonversinya menjadi peta kemacetan visual dan data2 lain terkait.Server kemudian mengirim data tsb ke client berupa aplikasi seluler untuk perangkat smartphone maupun tablet. Dgn aplikasi ini pengguna berinteraksi dengan Trafizap, tidak hanya pasif,melalui aplikasi pengguna jg bs memberikan input situasi kemacetan ke sistem.

Selain peta kemacetan,fitur Trafizap adlh :
- route planner,memberikan saran rute paling optimal berdasar jarak dan tingkat kemacetan,route planner jg memberikan peringatan jika kondisi lalulintas di rute yg dipilih berubah
- news ticker,semua input di rangkum dan ditampilkan dlm sbg berita berjalan
- peta point of interest berbasis sosial,dimana komentar pengguna thd tempat2 di sepanjang rute dirangkum dan ditampilkan

Strategi Distribusi:
<br /> Trafizap pd dasarnya adlh aplikasi user generated content,shg membutuhkan jumlah minimal pengguna (critical mass) utk mencapai akurasi memadai.Kami memperhitungkan utk Surabaya dibutuhkan minimal 60.000 input dari 2000 user,utk Jakarta butuh 150.000 input dari 10.000 user.<br /> <br /> Maka strategi kami adalah mengikat partnership dengan pihak yg sdh biasa melakukan traffic reporting dgn cr berbeda,yaitu stasiun radio siaran berita lalu lintas,seperti SSFM di Surabaya dan Elshinta di Jakarta.Radio2 ini telah memiliki audience loyal,sehingga mencapai angka2 yg disebut diatas tdk sulit.<br /> <br /> Partnership dgn stasiun radio memudahkan mendapat marketing sekaligus mencapai critical mass.Bagi stasiun radio partnership dgn Trafizap akan memberikan Value Added Service selain siaran sbg altenatif jalur bisnis diluar bisnis inti kian menurun tiap tahun terdesak media lain.<br /> <br /> Kami menerapkan prinsip 3M,Manfaat,Mudah,Menyenangkan.<br /> <br /> Manfaat,Trafizap menyertakan fitur2 spt yg dijelaskan diatas,yg bersifat krusial bagi pengemudi selama perjalanan.<br /> <br /> Mudah digunakan,Trafizap sengaja menyertakan hanya fitur2 yg benar2 penting.UI aplikasi Trafizap didesain dgn berkonsultasi pd teman yg bergerak di bidang produksi otomotif sehingga bersifat ergonomis dan sederhana.Mudah didapat,Trafizap gratis utk digunakan oleh pengguna biasa,dpt di download melalui app store.Kerjasama Value Added Service dgn stasiun radio jg artinya petunjuk penggunaan Trafizap dpt disimak dgn byk cara.<br /> <br /> Menyenangkan,ada sistem reward bagi user yg aktif memberikan input situasi lalu lintas.Reward bisa berupa merchandise,voucher pulsa maupun hadiah lain.

Dana yang Diminta:
Rp. 284 Juta

Deskripsi Proyek:
Trafizap adalah solusi pemantauan lalu lintas jalan raya online berbasis teknologi crowd source data intelligence, dimana sistem kami akan membaca apa yg dibicarakan orang tentang situasi lalu lintas di media sosial online (facebook,twitter,BBM,Whatsapp dll) maupun masukan langsung berbasis teks (SMS, masukan lewat aplikasi dll), lalu mengkalkulasi dan mekonversinya menjadi peta kemacetan visual realtime. Hal tsb dimungkinkan oleh engine yg disebut Zapcode yg memadukan algoritma NLP,RDBMS,geocode processor,machine learning dan AI. Penerapan crowd source data intelligence untuk memantau kemacetan secara online oleh Trafizap adalah yang pertama di dunia.

Definisi Masalah:
Pertumbuhan jumlah penduduk dan ekonomi membuat kebutuhan sarana transportasi jd besar, kepemilikan jumlah kendaraan bermotor pun tumbuh pesat, ini tidak diimbangi oleh pertumbuhan sarana transportasi umum dan jalan yang memadai, maka terjadi kepadatan berlebihan yang menyebabkan kemacetan di kota-kota besar.<br /> <br /> Dari data yg kami kumpulkan dari internet terlihat jumlah kendaraan dibanding jalan sangat tidak imbang : Jakarta rata-rata 4 kendaraan/m jalan, Surabaya 3 kendaraan/m, Bandung 2 kendaraan/m, Jogja 2 kendaraan/m. Kerugian akibat kemacetan di Jakarta diketahui setara 65 trilliun rupiah/tahun dihitung dari turunnya produktifitas, biaya perawatan kendaraan, ongkos penanganan akibat lanjutan seperti penyakit, kerusakan lingkungan dll, belum lagi dampak psikologis dan sosial akibat minimnya waktu utk bergaul dengan keluarga, tetangga, teman.<br /> <br /> Kemacetan adalah masalah yg dirasakan secara luas oleh hampir semua lapisan masyarakat urban, dan mesti segera dicari solusinya.

Cara Mengatasi:
Solusi utama kemacetan tentu regulasi dan infrastruktur, tapi ini eksklusif hak pemerintah dan dewan perwakilan, sulit bagi pengguna jalan untuk berpartisipasi. Maka perlu diusahakan solusi yg dapat diakses oleh masyarakat pengguna jalan secara luas dan segera.<br /> <br /> Berdasar pemikiran sederhana kemacetan bisa dikurangi jika pengguna jalan tidak menumpuk di jalur-jalur tertentu saja, Trafizap merumuskan solusi yang membantu pengemudi mengetahui kondisi jalur-jalur yang potensial mereka lalui yg jg bisa memberikan saran jalur mana yg paling optimal untuk mencapai tujuan berdasar jarak dan tingkat kemacetan, dan dapat diakses melalui perangkat seluler agar dapat dimanfaatkan saat bergerak dlm perjalanan. Apabila pengemudi terbantu menempuh jalur yg relatif lancar, dengan sendirinya kemacetan dapat diminimalkan. Keunggulan dan keunikan Trafizap adalah penggunaan sistem crowd source data intelligence yg belum pernah digunakan untuk traffic monitoring dimanapun di dunia.

Perkembangan Proyek