Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

f-059 - Kumpulan Esai Tentang Perempuan Kepulauan


Nama Inisiator

Rahmiana Rahman

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

Baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Mengadakan residensi kepada 10 penulis perempuan muda terpilih di pulau-pulau sebagai bahan penelitian untuk membuat essay. 10 penulis ini merupakan hasil seleksi dari contoh karya yang akan mereka kirimkan saat mendaftar. Setelah terpilih, mereka akan mendapatkan workshop sebelum melakukan residensi. Selama 10 hari residensi, para penulis tersebut akan tinggal di rumah penduduk sehingga bisa semakin dekat dengan penduduk sebagai salah satu subjek penelitian.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akses menulis bagi perempuan-perempuan Aceh. Padahal, semangat perempuan untuk menulis sangat tinggi. Saya bisa lihat sewaktu diadakan kegiatan Forum Aceh Menulis, dimana kehadiran perempuan menulis sangat tinggi. Sayangnya, akses dan wadah untuk memunculkan hasil-hasil tulisan perempuan masih sangat kurang di Aceh. Selain itu, saya tertarik menginisiasi ini karena banyak pulau di Aceh yang belum terekspos keindahan dan segala potensi didalamnya. Oleh karena itu, saya yakin kekuatan perempuan dalam menulis tentang kepulauan akan menjadi hal yang menarik.

Masalah yang Diangkat

1. Kurangnya akses menulis bagi perempuan-perempuan di Aceh 2. Kurangnya informasi pulau-pulau dan potensi SDM didalamnya

Indikator Sukses

1. 50 pendaftar perempuan untuk mengikuti selesi sebagai animo adanya program ini, 2. 10 penulis terpilih akan mendapatkan pelatihan untuk menulis yang sesuai struktur dan mendapatkan residensi sebagai bahan acuan karya mereka, 3. 10 penulis terpilih akan menciptakan karya antologi untuk dipublikasikan secara online dan offline.

Lokasi

Aceh

Dana yang Dibutuhkan

Rp.83 Juta

Durasi Proyek

5 bulan