Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Devie Komala Syahni


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

Pengalaman di musikalisasi puisi. 28 tahun.

Contoh Karya

Situs Web

Tidak punya blog

Media Sosial

Fb.devie matahari, ig.inen afra/devie matahari

Proyek


No. Formulir

f-058

Judul Proyek

Workshop Musikalisasi Puisi Nusantara

Lokasi Proyek

Gayo, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Deli Serdang Sumut,Banjarmasin.

Deskripsi Proyek

Workshop Musikalisasi Puisi Nusantara adalah satu kegiatan yang menjadi kelanjutan dari apa yang telah saya lakukan sejak tahun 1990, akan tetapi belum secara luas berkembang di Nusantara. mengapa Nusantara agar apa yang menjadi kekuatan syair lama juga musik tradisi bisa kembali dimunculkan.kemasan dalam musikalisasi puisi akan makin kaya dengan adanya perkawinan antara teks puisi yang berasal dari syair syair lama dikolaborasikan dengan musik tradisi yang mampu menjadi kekuatan budaya itu sendiri. Untuk kegiatan workshop ini saya bersama team berjumlah 6 orang dalam melakukan proyek kolaborasi juga menjadi mentor sekaligus narasumber dalam mendampingi para peserta workshop musikalisasi puisi nusantara. dari awal pemilihan teks serta pendampingan hingga melahirkan sebuah karya. Daerah yang akan berkolaborasi dalam workshop ini, adalah Gayo,Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Lhokseumawe,Deli Serdang Sumut ,Banjarmasin.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Puisi merupakan satu di antara karya sastra yang diajarkan di jenjang sekolah, baik SMP/MTs, SMA/SMK bahkan perguruan tinggi. Pada dasarnya, puisi memiliki irama dalam bait-bait yang ditulis oleh Si Penyair itu sendiri. Irama tersebut mampu memperdalam penghayatan atau daya imajinasi pada puisi. Unsur musikalitas dalam puisi sangat penting untuk dipelajari. Musik adalah wujud kreativitas. Musik menjadi alat ekspresi. Mempertajam intuisi dan melatih kecerdasan. Siswa Sekolah Menengah --- SMA/SMK/SMP/MTs --- merupakan generasi muda pemegang kendali masa depan. Oleh karena itu, generasi muda harus kreatif dan inovatif. Kreativitas di bidang musik bisa diasah dan dirangsang dan diharapkan lahir karya-karya kreatif. Untuk mendapatkan karya kreatif, maka kreativitas harus dilatih. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teks puisi sebagai sumber kreativitas penciptaan musik. Dalam dunia sastra, karya musik yang diciptakan dengan menggunakan teks puisi, lazim disebut dengan istilah “Musikalisasi Puisi.” Musikalisasi puisi mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sastra khususnya puisi yang ada di sekolah-sekolah. Memanfaatkan teks puisi sebagai sumber karya musik, sekaligus juga sebagai bentuk apresiasi terhadap karya puisi. Apresiasi berarti penghargaan berdasarkan pemahaman. Dengan demikian, pelaku musikalisasi --- atau kreativitas penciptaan musik dengan teks puisi --- bukan hanya sekedar mengenal puisi sebagai sebagai karya sastra, tetapi puisi itu harus dibaca dan dipahami. Keunggulan menggunakan teks puisi, dari segi bentuknya, puisi sudah menggunakan bahasa yang lebih padat dalam hal pemilihan kata daripada pemakaiannya pada prosa. Kata diperhitungkan dengan ketat, mempertimbangkan segi makna, kekuatan citraan, rima dan jangkauan simboliknya. Dalam puisi, kata tidak sekedar digunakan sebagai alat mengungkap gagasan atau perasaan penyair, tetapi juga sebagai bahan atau alat untuk membangkitkan tanggapan pembaca. Dengan perkataan lain, bahasa di dalam puisi berperan untuk mengungkapkan gagasan, perasaan dan pengalaman jiwa seorang penyair, yang membangkitkan perasaan dan kesadaran seorang pembaca. Antusiasme pada musikalisasi puisi khususnya bagi kaum terpelajar terbukti dengan tidak kurang dari 100 komunitas musikalisasi tersebar di seluruh Indonesia. Potensi ini harus terus digali, sehingga kelak mampu melahirkan karya-karya musikalisasi puisi yang indah dan memiliki kedalaman makna.

Masalah yang Diangkat

Dalam perjalanan saya berkesenian khususnya bermusikalisasi puisi banyak sekali bibit yang sangat potensial dari para perempuan daerah terkhusus generasi muda atau pelajar menengah maupun mahasiswi yang belum tersentuh dan belum mendapat tempat dalam ruang berkarya, hal inilah yang menginspirasi saya untuk memunculkan mereka di dalam kreativitas penciptaan karya musikalisasi puisi. sehingga kedepannya , para perempuan generasi muda yang mempunyai bakat akan semakin menggali kemampuan nya tanpa harus bergantung pada para pemusik atau pun pekerja seni laki laki semata,tapi mampu berdiri sendiri dengan leluasa berkarya serta menjalin kerjasama atau berkolaborasi dengan daerah lainnya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Berdasarkan perjalanan workshop musikalisasi puisi yang telah berjalan di wilayah Jabodetabek di th 2017 dan telah mampu melahirkan banyak kreator musikalisasi puisi, besar kemungkinan hal ini pun bisa terulang di wilayah lain di Nusantara. Banyaknya peminat dibidang ini juga menjadi kekuatan untuk suksesnya proyek ini.

Dana Hibah

Rp.180 Juta