Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Berti Alia Bahaduri


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

bertiAlia (instagram)

Proyek


No. Formulir

f-049

Judul Proyek

Buku Ilustrasi Pahlawan Perempuan Indonesia

Lokasi Proyek

Cimahi

Deskripsi Proyek

Proyek ini akan mencari informasi mengenai pahlawan perempuan dari 33 propinsi di Indonesia. Informasi tersebut kemudian menjadi bahan untuk membuat buku ilustrasi untuk anak-anak. Setiap propinsi akan mendapatkan 1 spread, ilustrasi pahlawan dan ringkasan cerita mengenai jasa tokoh tersebut. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak Indonesia mengenai para pahlawan wanita dari daerahnya.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Penulis terinspirasi dari buku Goodnight Stories for Rebel Girls, 100 tales of extraordinary women (oleh Elena Favilli dan Francesca Cavallo, Particular Books: 2016) Buku ini adalah hasil crowdfunding sehingga berhasil diwujudkan dan dipasarkan ke seluruh dunia. Keberhasilan buku ini menelurkan edisi kedua yang terbit tahun ini. Anak saya menanyakan ketidak adaan perempuan Indonesia dalam buku tersebut. Sehingga tercetus ide untuk mencoba membuatnya. Ilustrasi untuk buku Goodnight Stories for Rebel Girls dibuat oleh 60 ilustrator perempuan dari seluruh dunia. Saya ingin berusaha membuat 33 sendiri, atau mengajak ilustrator-ilustrator perempuan lain untuk berkolaborasi.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangkat adalah informasi mengenai pahlawan perempuan masih terbatas. Anak-anak Indonesia perlu mengetahui perempuan-perempuan yang berjasa dari seluruh daerah di Indonesia. Saya akan mencari informasi dari internet dan anjungan propinsi di Taman Mini Indonesia Indah. Saya tidak berkunjung langsung ke seluruh Indonesia karena tidak memungkinkan sebagi dosen tetap untuk banyak meluangkan waktu.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Saya mengharapkan buku ini akan sukses, karena masih banyak anak-anak yang senang membaca buku. Saya harap mereka akan lebih gemar membaca jika buku ini terbit. Saya harap buku dalam bentuk fisik akan laku terjual, agar keuntungan dari penjualan dapat digunakan untuk pendidikan anak perempuan di desa-desa terpencil di seluruh Indonesia. Sementara bentuk .pdf dapat diunduh secara gratis bagi mereka yang berminat.

Dana Hibah

Rp.36.3 Juta