Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Suprihatin


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

45 tahun – sejak 1972

Contoh Karya

Situs Web

http://wungkalbener.blogspot.co.id/

Media Sosial

https://web.facebook.com/bima.widjajaputra

Proyek


No. Formulir

f-038

Judul Proyek

PEMBUATAN BUKU BATIK KLASIK

Lokasi Proyek

Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Judul Proyek : PEMBUATAN BUKU BATIK KLASIK SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KEMBALI KECINTAAN TERHADAP KARYA MONUMENTAL PRODUK ASLI BANGSA INDONESIA Karya Adiluhung yang terancam tenggelam dan harus bangkit lagi. KEGIATAN YANG AKAN DILAKUKAN : 1. Studi pustaka, 2. Penyusunan dokumentasi batik klasik (Penelusuran keberadaan batik di museum-museum dan kolektor batik), 3. Pemetaan potensi dan prospek batik klasik (Kunjungan dan wawancara terhadap pelaku pembuatan batik, pemasar dan berbagai narasumber terkait), 4. Pembuatan Draft Buku : diskusi tim, penulisan, setting, lay out, cetak draft, 5. Seminar tentang batik klasik, 6. Penyusunan buku final, 7. Pencetakan dan penerbitan.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Batik adalah karya agung bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia sebagai sebuah kekayaan bendawi yang mengandung nilai-nilai moral cinta kasih sayang, keindahan, kelestarian budaya, lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. Tumbuh dan berkembangnya batik dengan corak goresan ornamen serta gambar-gambar didalamnya, masing-masing memiliki kekhasan makna didalamnya. Batik lahir sebagai hasil dari sebuah perenungan suatu kejadian dan keadaan diri serta lingkungan yang kemudian terekspresikan dalam lembar-lembar kain yang indah dan penuh makna. Ya, tak dapat kita pungkiri bahwa batik klasik yang sarat makna tersebut sangat penting artinya dalam perkembangan budaya bangsa Indonesia yang patut dipertahankan, dilestarikan dan dikembangkan. Sayangnya ada berbagai kondisi masyarakat yang tidak cukup mendukung kelestarian batik tersebut.

Masalah yang Diangkat

Perkembangan teknologi cetak yang begitu pesat telah melahirkan karya motif batik instan yang sekedar mengutamakan keindahan. Persaingan harga antara lembar kain batik asli dengan lembar kain motif batik sangat tidak menguntungkan keberadaan batik asli. Batik asli yang diproduksi satu demi satu dengan penuh ketelatenan dan meniti waktu yang cukup lama dalam menghasilkannya telah menjadi komponen biaya produksi yang cukup tinggi dan menjadi layak jual bila konsumen bersedia membayar lebih tinggi. Keprihatinan dan do’a yang mengiringi proses pembuatan batik serta kedalaman makna yang tersirat dalam goresan motif batik menjadi nilai lebih tersendiri dari batik asli dibanding batik cetak. Untuk itulah pengenalan yang cukup memadai dari proses pembuatan dan makna filosofis karya batik menjadi penting untuk dipahamkan ke masyarakat terutama generasi usia produktif yang akan menjadi penentu kelestarian batik tersebut baik sebagai potensial produsen maupun konsumennya. Buku yang representatif menjelaskan tentang potensi batik klasik sebagai sarana membangun kecintaan masyarakat terhadap batik perlu memuat berbagai topik bahasan penting, yang antara lain meliputi gambaran umum tentang batik, proses pembuatannya, sejarah munculnya batik dan motif batik, aneka corak motif batik dan filosofinya serta berbagai prospek pengembangan potensi batik Indonesia.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Buku tersusun dan terbit tepat waktu, berbagai pihak paham tentang batik klasik dan terlibat dalam memberi masukan atas isi buku batik yang disusun, buku diterbitkan dalam jumlah yang memadai dan tersebar ke berbagai pihak yang kompeten ataupun potensial jadi pemanfaat aktif dari buku tersebut.

Dana Hibah

Rp.76.5 Juta