Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

f-034 - Konveksi / Jahit


Nama Inisiator

Enak Rohmanah

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

Pengalaman di seni jahit.

Contoh Karya

f-034-karya-enak.pdf

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Saya ingin mempunyai mesin obras dan mesin jahit, Karena keahlian saya dalam bidang jahit. Di karenakan saya belum punya banyak mesin jahit dan mesin obras, saya belum bisa mengajak ibu-ibu atau tetangga saya biar bisa bekerja atau menjahit karena di lingkungan saya banyak ibu-ibu yang menganggur dan hanya menggantungkan hidup pada pekerjaan suaminya saja, sedangkan kebutuhan pokok dan ekonomi yang besar. Apabila saya mendapatkan dana untuk membuka jasa menjahit, saya bisa membantu ibu-ibu untuk belajar menjahit dan membuka usaha, agar bisa mengurangi bebas ekonomi mereka, Karena saya melihat ibu-ibu atau tetangga saya memerlukan bantuan dan mereka bingung harus kerja apa dan saya berinisiatif untuk membantu mereka sehingga mereka bisa dapat bekerja dengan di bantu saya sedikit demi sedikit membuka jasa menjahit ataupun membuka usaha.

Latar Belakang Proyek

Kurangnya unit mesin jahit dan obras menjadi penghambat bagi saya dikarenakan pemesanan yang sangat banyak, diantaranya anak-anak sekolah yang ingin menjahit seragamnya dan kebetulan rumah saya dekat dengan pondok pesantren kebanyakan santri-santri memberikan pakaian yang sobek yang ingin di jahit kepada saya dan saya merasa kewalahan menjahitnya. Dikarenakan saya bekerja sendiri dan hanya mempunya satu mesin jahit dan satu mesin obras dan tidak mempunyai asisten untuk membatu saya. Begitu pula ibu-ibu yang tidak bisa menjahit memberikan pakaian yang ingin di jahit kepada saya, dan seperti biasanya saya hanya bisa menjahit sekuat saya saja, karena saya tidak kuat kalau jahitan atau pakaiannya banyak sekali dan dikarenakan alat dan mesin yang belum mencukupi kebutuhan saya, dan kebanyakan anak-anak sekolah yang ingin memebuat baju, jas, dan celana ataupun yang lainnya, saya bisa membuatnya tetapi bahannya dari mereka sendiri karena saya belum punya modal untuk membeli kain dan bahan, baik itu kain yang ukuran kualitas standar atau bagus saya belum mampu membelinya, dikarenakan harga kain yang cukup mahal dan modal saya yang kurang.

Masalah yang Diangkat

Belum punya modal.

Indikator Sukses

Keinginan saya menjalankan proyek ini adalah agar ibu-ibu bisa menjahit dan usaha menjahit dan saya mempunyai toko sehingga bisa memperkerjakan ibu-ibu dan mempunyai asisten yang membatu saya dalam mengerjakan proyek ini.

Lokasi

Rajasinga, Kec. Terisi

Dana yang Dibutuhkan

Rp.25 Juta

Durasi Proyek

1-2 bulan