Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Rani Fitriana


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

10 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://www.youtube.com/channel/UCaJrpy9mKwH0ISF4LSKM-zw

Media Sosial

https://www.instagram.com/ranijambak/

Proyek


No. Formulir

f-029

Judul Proyek

Perempuan dalam Dendang Tradisi

Lokasi Proyek

Serdang Bedagai, Medan, Padang

Deskripsi Proyek

Perempuan dalam Dendang Tradisi adalah proyek penelitian mengenai proses kerja kreatif perempuan dalam mempertahankan seni tradisi (dalam bidang seni suara). Tokoh seni yang akan diteliti dalam proyek ini berjumlah tiga orang yang berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Medan, dan Padang. Alasan memilih tiga tokoh tersebut adalah dari latar belakang dan konsistensi mereka terhadap seni tradisi di tengah ketergerusannya akibat dari budaya populer. Pengerjaan proyek ini akan melalui tahapan riset lapangan, rekaman, dan wawancara. Selanjutnya, akan dilakukan pengeditan dan publikasi produk proyek dalam bentuk rekaman perpaduan dari teknik audio postcard dan podcast yang terdiri dari 3 seri sebagai dokumentasi kerja kreatif ketiga tokoh tersebut ke media sosial dan roadshow.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Ide ini terlahir dari motivasi untuk memperkenalkan tokoh-tokoh seni tradisi kepada generasi muda melalui kemasan yang lebih modern dan menarik agar lebih mudah diterima. Terutama ketika eksistensi seni tradisi dan pengetahuan generasi muda mengenai seni tradisi berada pada kondisi yang memprihatinkan. Dengan latar belakang itu, proyek ini akan menggunakan produk pendokumentasian dalam bentuk audio postcard dan podcast sebagai medium atau wadah untuk menyampaikan cerita. Sejak ditemukannya alat untuk merekam suara oleh Thomas Alfa edison, penggunaan alat perekam semakin masif. Tetapi masih menggunakan teknik yang sangat sederhana. Kini, dengan banyaknya software untuk mengedit audio (atau musik), memungkinkan perkembangan teknik dokumentasi audio semakin baik. Salah satunya adalah audio postcard dan podcast yang terbilang unik. Keunikan seni audio dalam proses pengeditan sangat berpengaruh terhadap imajinasi pendengar untuk membangun ruang-ruang realita dari cerita yang disampaikan. Melalui teknik dari audio postcard, pendengar akan dibawa oleh narasi dan aktualitas bunyi di lokasi. Kemudian teknik dari Audio Podcast yang akan memunculkan sesi wawancara dengan narasumber terkait. Audio postcard dan podcast yang memiliki konten seni tradisi juga masih jarang diudarakan pada program-program radio di Indonesia. Maka melalui penelitian ini diharapkan bisa memberikan alternatif untuk memperkenalkan kembali kesenian tradisi melalui semangat para perempuan yang mendedikasikan dirinya dalam segala keterbatasan.

Masalah yang Diangkat

Keterlibatan perempuan dalam keberlangsungan seni budaya dan tradisi memang sangat jarang terjadi. Peran ini harus dilakoni dengan dedikasi tinggi. Terlebih masalah yang normal dihadapi para perempuan ketika memasuki fase baru kehidupannya : menikah. Keberadaan perempuan dalam seni tradisi dendang (suara) juga jarang didokumentasi dan menjadi tolok ukur eksistensi budaya itu sendiri. Proses kerja kreatif mereka yang jarang dipublikasikan ke ruang publik juga menjadi alasan ketidaktahuan generasi muda terhadap keberadaan seni tradisi. Warisan budaya yang harus diperkenalkan dan menyebarkan semangat para perempuan yang berjuang mempertahankan identitas budayanya melalui seni suara.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Projek ini berhasil jika pendokumentasian proses kerja kreatif para rempuan dalam dendang tradisi ini rampung dan dipublikasikan ke ruang yang lebih besar. Dengan tujuan menyebarkan semangat dan peran perempuan dalam mempertahankan keberadaan seni tradisi melalui cerita pengalaman, dan kegiatan kreatif. Hasil riset akan diperdengarkan melalui pelaksanaan roadshow ke radio, sekolah dan komunitas.

Dana Hibah

Rp.46.48 Juta