Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

f-026 - Usaha Makanan Tradsional Papua


Nama Inisiator

Lastina Ester Moai

Bidang Seni

kuliner

Pengalaman

Contoh Karya

f-026-karya-lastina.pdf

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Dalam kehidupan manusia kita selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari maka banyak sekali aktivitas yang kita lakukan, dengan demikian aktivitas kita semakin padat, membuat tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Makanan-makanan yang tersedia di pasaran Papua saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional yang khas Papua yaitu makanan yang biasanya disajikan dalam kehidupan masyarakat Papua sebagai makanan sehari-hari yang memiliki banyak kandungan gizi yang alami serta bebas dari bahan kimia, selain itu makanan ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia, dan bahan bakunya juga mudah didapatkan karena banyak tersedia di lingkungan alam pada wilayah tempat saya melakukan usaha ini. Lokasi usaha saya di Kampung Randawaya, Distrik Apimoi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua. Lokasi usaha ini berada di antara dua distrik yaitu distrik Angkaisera dan distrik Yapen Timur. Hubungan antar ketiga distrik tersebut dengan ibu kota kabupaten menggunakan transportasi darat dan laut sehingga ramai aktivitas masyarakatnya oleh karena itu lokasi usaha ini sangat strategis. Dengan melihat potensi atau kelebihan seperti hal tersebut di atas, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "MAKANAN TRADISIONAL PAPUA" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat Papua tidak akan lupa dengan makanan tradisional yang khas Papua tersebut.

Latar Belakang Proyek

Papua pada Jaman new ini di pasaran tersedia aneka ragam makanan, dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional khas Papua, selain itu dilihat dari kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dilihat juga dari semakin meningkatnya jumlah pengangguran karenakan kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan hasil sumber daya alam yang ada di sekitar mereka dengan baik untuk menjamin kebutuhan hidup mereka sehingga tercipta lapangan pekerjaan baru yang dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat, untuk itu saya ingin membuat usaha "MAKANAN TRADISIONAL KHAS PAPUA" sebagai suatu usaha untu menjawab persoalan ini, dan juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya dan tradisi Papua di bidang kuliner.

Masalah yang Diangkat

Indikator Sukses

Kami memberikan layanan dan sajian yang memang berbeda dari yang lain, serta memberi pelayanan yang baik dan menghadirkan produk makanan dan minuman yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen yaitu makanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kami menjamin produk kami selalu fresh, baru, ready stock dan tidak menggunakan zat-zat berbahaya. Dengan rasa yang alami, porsi yang lebih besar dan lebih banyak dari yang lain, harga yang ekonomis terutama dapat dijangkau oleh anak pelajar. Pelayanan ramah dan tempat yang didekor untuk menimbulkan suasana santai dan nyaman seperti ada di rumah sendiri. Dengan ini kami yakin usaha yang kami jalani mampu mendatangkan hasil yang memuaskan.

Lokasi

Kampung Randawaya, Distrik Apimoi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Dana yang Dibutuhkan

Rp.56.9 Juta

Durasi Proyek

3 bulan