Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

f-018 - Melestarikan Seni Tari Nusantara


Nama Inisiator

Maslahat Nur Azizah

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Seni Pertunjukan Seni tari nusantara merupakan salah satu khas indonesia sering kali dunia mengenal negara kita dengan keaneka ragaman budayanya, dan yang paling dikenal diantaranya adalah seni tari-tarian khas daerahnya. Banyaknya aneka ragam tari nusantara ini juga merupakan hal yang harus di jaga dan dilestarikan. Hal ini agar budaya seni tari kita tidak hilang dimakan kedahsyatan zaman dengan berbagai aneka kecanggihan teknologinya. Disamping itu seni tari harus terus bisa dikenalkan kepada generasi penerus agar terus lestari sehingga tidak bisa di klime oleh negara lain. Seiring hal ini, saya ingin berikhtiar ikut melestarikan Tari Nusantara dengan membentuk Sanggar Tari. Hal ini agar bisa dengan mudah di ikuti oleh setiap anak peminat seni tari juga agar bisa memdai sehingga tercapai maksimalitas dalam pelatihannya. Namun keinginan dan niat mulia tentang itu semua masih terasa sulit bagi saya karna keterbatasan kemampuan finansial dan lain sebagainya. Dari sini saya bermaksud ingin merealisasikan harapan-harapan tadi dengan memohon bantuan hibah dari CIPTA MEDIA EKSPRESI ini.

Latar Belakang Proyek

Sudah beberapa tahun saya mengadakan pelatihan Seni Tari di beberapa tempat. Peserta yang ikut sangat beragam. Mulai dari anak-anak pelajar sampai orang dewasa. Saya amati dari tahun ke tahun minat masyarakat terhadap Seni Tari sangatlah tinggi. Namun karna kendala tempat yang tidak menentu dan berpindah-pindah akhirnya berimbas juga pada proses dan hasil latihannya. Ada juga kendala dari segi kesiapan dan kemampuan peserta untuk membeli kostum dan alat-alat penunjang lainnya. Sehingga meskipun banyak yang telah lulus dan mampu tampil dalam berbagai acara, Namun karna perlengkapan kurang memadai sering kali saya rental ke tempat lain atau terpaksa batal tampil.

Masalah yang Diangkat

Indikator Sukses

Kesuksesan lembaga Seni Tari bisa dilihat dari: - Banyaknya peminat tari yang ikut bergabung. - Kostum dan atributnya lengkap dan sesuai dengan tarinya. - Perlengkapan, Accesoris dan fakotr penunjang lainya memadai. - Banyak krasi dan keunikan sehingga mampu membuat para penonton kagum dan terkesima, dan lain-lain.

Lokasi

Desa Jatimulya, Kec. Terisi Indramayu

Dana yang Dibutuhkan

Rp.327.835 Juta

Durasi Proyek

9 bulan