Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

990 - Mendirikan Rumah Baca dan menerbitkan Antologi Puisi


Nama Inisiator

wiwik sriwiningsih

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

14 tahun

Contoh Karya

10300889_718267494907690_3855102990629647957_n.jpg

Situs Web

wiwiksriwiningsih.blogspot.com

Media Sosial

fb: wiwik sriwiningsih, IG: wiwik sriwiningsih; Twitter:@sriwningsihWS

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

“MENDIRIKAN RUMAH BACA, MENERBITKAN ANTOLOGI PUISI DAN VIDEO DOKUMENTER PROSES KERJA KREATIF” Projek ini mempunyai Visi agar Maluku Utara berdaya dan berkembang dengan penciptaan gagasan, pemikiran dan karya seni yang berakar kuat dalam masyarakat, insyallah terwujud. Sedangkan misinya adalah 1. Mendirikan rumah baca yang menjadi wadah dalam cipta karya atau berkegiatan kreatif anak-anak. 2. Melahirkan karya-karya kolaborasi seniman muda. 3. Menyelenggarakan pameran/eksposisi karya seni kolaborasi maupun hasil kreativitas perorangan serta kelompok/komunitas. 4. Menyelenggarakan workshop/bengkel sastra untuk kalangan muda dan perempuan yang berkegiatan di komunitas. 5. Menggelar dialog seni dengan komunitas seni dan literasi seniman, media cetak/elektronik, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat yang ada di kota Ternate dan Maluku Utara. Tujuan Projek ini bertujuan untuk: 1. Meningkatkan kreatifitas seniman muda di Maluku Utara, 2. Mengembangkan profesionalisme kerja tim dan pematangan kolaborasi seniman muda. 3. Menciptakan karya seni yang bermanfaat bagi generasi muda Maluku Utara dan masyarakat Indonesia. 4. Menambah minat baca anak-anak dan remaja di Pulau Maitara. Tim kerja : Wiwik Sriwiningsih, penanggung jawab proyek dan pengembangan kreatif. Nursailing , bagian admin dan keuangan. Jumi Wahab, dokumentasi dan eksposisi/pameran.

Latar Belakang Proyek

Sejak 2004 saya mulai berkegiatan dengan teman-teman komunitas membentuk komunitas seni, melakukan pemutaran film, pustaka keliling, pementasan dan lain-lain. Meskipun dalam perjalan berkesenian seringkali mengalami pasang surut, hingga saat ini saya masih menekuni dunia menulis dan seni. Suatu yang membahagiakan 5 tahun terakhir saya mulai melihat perkembangan seni dan di Maluku Utara mulai menggeliat. Tentu saja hal itu hasil dari kerja keras para seniman yang ada di Malut. Tidak bermaksud membandingkan dengan daerah lain di Indonesia, kegiatan seni dan literasi di Maluku Utara masih jauh dari harapan. Untuk itu, saya dan beberapa teman bermaksud turut menjadi bagian dari aktivitas kesenian, yang akan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pelaku sekaligus pemirsa kesenian itu sendiri. Kami, menyadari betul, kerja kolaborasi bukanlah hal yang mudah, namun 2013, saya dan beberapa teman, pernah berkolaborasi membuat video/film permainan taradisional anak sederhana dan menerbitkan buku cerita rakyat dengan dana swadaya. Dengan semangat dan menghargai selama proses kerja kreatif akhirnya video dan buku sederhana kami selesai pada waktunya. untuk itu Mendirikan Rumah Baca, menerbitkan Antologi Puisi Perempuan Maluku Utara dan Video Dokumenter Proses Kerja Kreatif merupakan salah satu gagasan yang diharapkan mampu menumbuhkan sikap apresiatif terhadap seni dan peran perempuan di Maluku Utara.

Masalah yang Diangkat

mendirikan rumah baca dan membuat antologi puisi, di Maluku Utara bukanlah hal yang baru, namun dalam proses dan fakta di lapangan, minat baca di Maluku Utara masih jauh dari harapan, meskipun sudah cukup banyak rumah baca, rumah belajar, pustaka dan lain-lain didirikan di Ternate dan Halmahera, belum menumbuhkan minat baca yang kuat. Menurut kami, membaca dan aktivitas berkesenian masih dianggap sebagai hiburan dan mengisi waktu kosong semata, dengan mendirikan rumah baca yang diantara aktivitasnya terdapat Pendar (Pendampingan Belajar) akan sangat membantu masyarakat sekitar dalam hal literasi dan pendidikan.

Indikator Sukses

Mendirikan Rumah Baca yang menjadi wadah dalam cipta karya atau berkegiatan kreatif masih sangat dibutuhkan di Maluku Utara, olehnya itu minat masyarakat berkunjung di Rumah Baca menjadi salah satu indikasi bahwa masyarakat merasa terbantu untuk meningkatkan literasi di lingkungan sekitar. selain itu terbitnya antologi dan video proses kerja kreatif juga menjadi indikator sukses projek yang tengah kami kerjakan.

Lokasi

TERNATE DAN PULAU MAITARA

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

6 bulan