Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Meliantha Muliawan


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

http://melianthamuliawan.wixsite.com/melianthamuliawan

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

987

Judul Proyek

Grandma’s Stories Project

Lokasi Proyek

Jakarta dan Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Grandma’s Stories Project adalah sebuah rangkaian proyek kesenian berbasis partisipasi yang melibatkan para perempuan lanjut usia di rumah jompo bersama seniman dan anak muda, guna mengenali serta menggali potensi perempuan dari masa ke masa. Seniman dan anak muda akan melakukan kunjungan ke rumah jompo untuk bersama-sama mengikuti serangkaian program yang terdiri dari aktivitas seni, hiburan dan terutama sesi bercerita (storytelling). Aktivitas seni merupakan ajang untuk saling berbagi ilmu melalui workshop seni yang diadakan secara bergilir tiap kunjungannya. Para perempuan baik lansia maupun anak muda dapat memberikan workshop seni sesuai keahliannya, misalnya berupa kelas merajut, membuat clay, menggambar, dan sebagainya. Sesi hiburan seperti karaoke, memasak, tamasya, dan sebagainya. Dalam sesi bercerita, partisipan akan mendengarkan cerita para perempuan generasi 1940/50-an menyoal kehidupan, perjalanan, serta pengalaman sebagai perempuan berbagi pembelajaran hidup kepada generasi muda. Proyek ini akan dimulai pada bulan Mei 2018 dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional. Kegiatan kunjungan berlangsung dua minggu sekali selama tiga bulan di beberapa rumah jompo. Dirancang terbuka pada partisipasi publik. Selain itu, proyek ini akan bermuara pada pendokumentasian cerita inspiratif para perempuan lanjut usia yang dipresentasikan dalam wujud pameran, buku dan online platform (instagram dan website) sehingga bisa diakses lebih banyak orang.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Menua adalah proses alami yang dihadapi setiap manusia. Pada saatnya, setiap orang akan memasuki usia lanjut (lansia) yang tidak bisa terhindarkan dari berbagai kondisi penurunan fungsi hidup. Sementara itu, di balik stigma ketidakberdayaan yang dilekatkan pada kaum lansia, kita tidak bisa mengabaikan kekayaan pengetahuan dan pengalaman hidup yang mereka miliki. Pada kenyataannya, lansia yang hidup pada era globalisasi saat ini mengalami tantangan tersendiri. Di era digital dan arus informasi yang cepat ini, generasi muda tidak lagi menjadikan orang tua sebagai sumber pengetahuan karena tergantikan oleh kekuatan internet. Kondisi ini praktis mengurangi kesempatan orang tua dan anak untuk berbicara, bercerita, dan menjalin kedekatan emosional secara intens. Melihat kondisi tersebut, Grandma’s Stories Project digagas untuk menjembatani gap informasi antara generasi muda dengan lansia melalui kebersamaan, serta membuka ruang apresiasi antar generasi. Rumah jompo dipilih karena merupakan tempat para lansia tinggal bersama dan berfungsi sebagai ruang publik. Program visitasi ke rumah jompo dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian kepada warga senior. Sementara itu pameran, buku dan platform online diharapkan dapat merangkum sebagian kecil cerita yang tak tersampaikan generasi tua dan mampu mewariskan nilai-nilai positif bagi generasi muda.

Masalah yang Diangkat

Bagi perempuan masa kini, masalah identitas perempuan bukan hanya persoalan mencari keadilan dan kebebasan, tetapi juga kesadaran akan proses yang membentuknya hingga saat ini. Salah satu caranya adalah dengan mengenal dan belajar dari perempuan di generasi-generasi sebelumnya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

· Bila generasi muda tertarik untuk melibatkan diri dalam program visitasi ke rumah jompo · Bila para lansia di rumah jompo bisa menikmati kegiatan yang dirancang dan berbagi cerita tentang keberdayaan perempuan · Bila rancangan program visitasi, pameran dan pembuatan buku bisa berjalan sesuai jadwal · Bila kegiatan pameran dan buku ini mampu menjadi inspirasi dan teladan bagi generasi muda

Dana Hibah

Rp.75 Juta