Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

985 - Citra perempuan sasak pada novel merpati kembar di Lombok


Nama Inisiator

Hilmiyatun

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

Melakukan penelitian yang berjudul: 1. Dewi Rengganis (Kajian Antropologi Sastra Levi- Strauss). 2. Representasi bahasa perempuan pada tokoh Puteri Mas Ambara Sari dalam naskah lontar megantaka: kajian semiotika sastra.

Contoh Karya

Hilmiyatun_Lombok_NTB.pdf

Situs Web

1. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/.php?edc 2. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran perempuan Sasak dalam tradisi kawin lari pada novel merpati kembar di Lombok karya Nuriadi (2) latar sosial historis perempuan Sasak dalam novel merpati kembar di Lombok karya Nuriadi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel merpati kembar di Lombok karya Nuriadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis (analisis teks.) Data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan berupa kata, frase, kalimat dan wacana yang menunjukkan peran perempuan Sasak dalam tradisi kawin lari pada novel merpati kembar di Lombok. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul merpati kembar di Lombok karya Nuriadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks (content analysis). Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan/verifikasi (conclutions drawing/verifing).

Latar Belakang Proyek

Penelitian ini dilakukan berangkat dari kegelisahan peneliti yang ingin mengkaji tradisi Lombok Nusa Tenggara Barat, salah satunya adalah budaya ‘kawin lari’. Budaya ini merupakan budaya yang terjadi pada pernikahan masyarakat Sasak Lombok. Budaya ‘kawin lari’ pada kesempatan ini tidak dikaji dari konsep maupun sejarah munculnya kawin lari di Lombok, akan ditetapi dikaji berdasarkan pelaku budaya tersebut, termasuk di dalamnya perempuan Lombok asli atau dikenal dengan perempuan Sasak. Budaya ‘kawin lari’ dan peran perempuan Sasak di dalamnya disajikan dalam bentuk karya sastra berupa novel. Novel yang berjudul merpati kembar di Lombok karya Nuriadi diterbitkan pada tahun 2009 oleh Arga Puji Press di Lombok. Novel ini dituangkan berdasarkan ideologi pengarang (Nuriadi) sendiri sebagai masyarakat Sasak asli. Novel ini menarik untuk dikaji karena disini dipaparkan bagaimana proses tradisi ‘kawin lari’ yang terjadi pada masyarakat sasak serta bagaimana peran perempuan Sasak yang terlibat dalam budaya ‘kawin lari’ tersebut. Oleh karena itu, melalui penelitian ini akan digungkapkan peran perempuan Sasak yang terjadi pada budaya ‘kawin lari’.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangat dalam penelitian ini: 1. Bagaimanakah peran perempuan Sasak dalam tradisi kawin lari pada novel merpati kembar di Lombok karya Nuriadi? 2. Bagaimanakah latar sosial historis perempuan Sasak yang terdapat pada novel Merpati kembar di Lombok karya Nuriadi?

Indikator Sukses

Indikator kesuksesan yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu: hasil penelitian ini ditargetkan untuk publikasi pada jurnal nasional/internasional serta prosiding pada seminar nasional/ internasional.

Lokasi

Kota Selong kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

9 bulan