Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Ira Yuniarty Khairiyah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

Baru Memulai

Situs Web

www.creativetraveler.id

Media Sosial

Fanpage : Goodness of Indonesia , Youtube Channel : Goodness of Indonesia

Proyek


No. Formulir

984

Judul Proyek

Festival Kebhinekaan

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Sebuah Festival Untuk Merayakan Kebhinekaan dan Mempromosikan Toleransi Lintas Agama dan Lintas Budaya di Indonesia. Festival ini terdiri dengan kegiatan Pameran Foto Essai , Pemutaran Film Indonesia, Pemutaran Video Video Esai bertema Toleransi, Talkshow/ Diskusi, dan Wisata Kebhinekaan (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama)

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Sebuah survey yang dirilis Setara Institute mengungkapkan bahwa Jakarta adalah kota yang paling rendah tingkat indeks toleransinya, salah satunya karena ekses dari Pilkada DKI. Sebagai penduduk Jakarta hal ini membuat saya resah. Dari pengalaman sebagai penggerak budaya dan sejarah di Jakarta, saya sering mendapati adanya stigma negative terkait ras/ agama/ etnis tertentu karena kurangnya dialog/interaksi untuk membuat satu sama lain saling mengenal lebih baik. Karena itulah muncul inisiatif untuk berbuat sesuatu untuk mempromosikan kembali toleransi dan keberagaman melalui beragam kegiatan kreatif, yang memungkinkan adanya dialog / interaksi lintas agama dan lintas budaya. Fyii, 6 bulan belakangan kami juga telah mengadakan inisiatif mengadakan “Wisata Kebhinekaan” untuk mengunjungi beragam rumah ibadah, sambil mengenalkan kembali sejarah Jakarta/ Indonesia, dengan tujuan untuk interaksi dan dialog lintas agama/budaya .Dari kegiatan rutin ini, kami mendapati banyak yg belum pernah mengunjungi rumah ibadah agama lain, dan berfikir negative tentang agama tertentu. Dengan berkunjung ke rumah ibadah agama lain sekaligus dikenalkan sejarah juga berinteraksi langsung dengan para penganut agama di rumah ibadah tsb, para peserta Tur diingatkan kembali terhadap Toleransi&Keberagaman yang sebenernya telah lama mengakar pada bangsa Indonesia. Dari sinilah terbersit ide membuat kegiatan dalam lingkup besar untuk menyebarkan nilai nilai toleransi dan kebhinekaan dalam bentuk Festival Kebhinekaan

Masalah yang Diangkat

Tak Kenal Maka Tak Sayang. Inilah ide dasar Festival Kebhinekaan ini, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk Dialog dan Interaksi Lintas Agama dan Lintas Budaya melalui beragam media kreatif (Pameran Foto- Pemutaran Film -Pemutaran Video Esai bertema Toleransi), Diskusi dan Talkshow juga Wisata Kebhinekaan.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Indikator Kesuksesan Festival Kebinekaan ini bisa dilihat dari beberapa hal sebagai berikut : Banyaknya audience yang datang ke Festival , Banyaknya Eksposure Media Massa , Festival ini bisa menginspirasi kegiatan festival serupa di daerah lain.

Dana Hibah

Rp.70 Juta