Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

nur hasanah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

8 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

982

Judul Proyek

Folklor Adat Enggano: Perempuan Dalam Misi Perdamaian

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Melalui pertunjukan seni tari perang Enggano ini memperkenalkan dan menegaskan posisi perempuan adat. Berkat kepiawaian dan bahasa kelembutan dari kaum perempuan, perang antar suku dapat dihentikan. Kedua kelompok yang telah berhadapan untuk bertempur itu akhirnya berdamai dan melanjutkan pesta jamuan makan diiringi teriakan dan nyanyian.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Posisi perempuan pada saat ini selalu dianggap tidak memiliki posisi strategis dan dinegasikan dalam pengambilan kebijakan di setiap sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. Situasi ini tentu sangat bertolak belakang dengan sejarah yang dimiliki di komunitas-komunitas adat seperti enggano, dimana perempuan memiliki peran yang sangat luar biasa dalam menghentikan peperangan dan menjaga perdamian antar suku yang telah berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga pada saat ini suku-suku yang ada di enggano dapat hidup berdampingan.

Masalah yang Diangkat

Pertunjukan seni tari perang Enggano akan dilaksanakan di tempat yang secara kebudayaan memiliki perbedaaan yang cukup mendasar. Dimana Yogyakarta menganut sistem kekerabatan Patrinieal, laki-laki lebih memiliki posisi dominan dibandingkan perempuan. Hal ini dilakukan untuk kembali menegaskan bahwa peran dan fungsi perempuan berbeda-beda, tergantung dari sejarah dan kebudayaan yang membentuknya. Di enggano peranan dan fungsi perempuan justru sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup masyarakatnya, dimana perempuan juga memiliki akses yang sangat besar terhadap urusan-urusan publik.

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

Terselenggaranya Pertunjukan Seni Tari Perang Enggano, dengan melibatkan seluruh pelaku kebudayaan perempuan yang ada di Provinsi Yogyakarta

Dana Hibah

Rp.232 Juta