Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

968 - BLAK-BLAKAN DI SELATAN


Nama Inisiator

Fadhilla Dwi Ristianty

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

dialita.jpg

Situs Web

Media Sosial

@bedhil (instagram)

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

BLAK-BLAKAN DI SELATAN (BDS) adalah sebuah proyek seri video yang akan menggandeng belasan perempuan ‘biasa’ dengan kisah, pengalaman, karya, dan pemikiran yang luar biasa. Proyek ini berbasis di Jakarta, kota yang dibangun dengan peran yang sangat besar dari jutaan warga perempuannya, namun juga memiliki angka kekerasan dan diskriminasi berbasis gender sangat tinggi. BDS akan mendokumentasikan dan mengkompilasi suara dan cerita perempuan-perempuan Jakarta yang hanya dengan menjadi diri mereka sendiri telah menembus batas dan menantang berbagai stereotip. Kami ingin merangkul perempuan lintas usia - remaja hingga usia lanjut - dan lintas profesi seperti seni, teknologi, buruh migran, dan pekerja rumah tangga. Juga perempuan dari kelompok yang minim representasi dan kerap dikenai stigma seperti perempuan dengan HIV, masalah kesehatan mental, penyintas pelanggaran HAM, orang tua tunggal, transpuan, korban NAPZA, dll. Berlokasi di ‘Ruang Karya Selatan’, setiap episode BDS akan menampilkan satu orang subjek yang akan berbagi cerita dan perspektifnya. Semua ini akan direkam secara profesional dan disunting menjadi video berdurasi 20 menit. Seri video BDS akan dipublikasikan di media sosial agar dapat diakses oleh siapapun dari manapun, dan akan dipromosikan secara profesional agar menjangkau sebanyak-banyaknya penonton.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini adalah inisiatif ‘Ruang Karya Selatan’, sebuah ruang komunitas yang sedang saya bangun bersama dua orang mitra; Sinung Winahyoko dan Kartika Jahja. Tergelitik oleh kesuksesan serial video dan artikel berbasis cerita seperti “Style Like U” dan “Humans of New York”, kami merasa bahwa cerita yang jujur dan autentik, ketika dikemas dengan menarik, mampu menjangkau masyarakat luas, membuka pikiran penontonnya sekaligus memanusiakan subjeknya

Masalah yang Diangkat

Tekanan, tuntutan, kemacetan, dan berbagai kondisi kota yang tidak kondusif membuat masyarakat Jakarta hidup terisolasi dalam lingkaran-lingkaran sosial yang homogen. Akibatnya terjadi berbagai keretakan karena banyaknya prasangka dan penghakiman antara kelompok-kelompok masyarakat yang sebenarnya hanya saling tak memahami satu sama lain. Padahal Jakarta sarat dengan manusia-manusia yang luar biasa menarik, namun tak saling terhubung. BDS ingin mengingatkan kembali tentang betapa beragamnya orang Indonesia, lebih spesifik lagi warga Jakarta, dan lebih spesifik lagi perempuan di Jakarta. BDS mengawali langkah dengan fokus pada subjek perempuan, sebab meskipun perempuan adalah demografi terbesar di kota Jakarta, representasi suara dan opini perempuan di ruang publik masih sangat kurang atau sebaliknya dipresentasikan dengan melenceng oleh media massa. BDS akan memberikan kawan-kawan ini ruang dan ‘pengeras suara’ untuk membangun narasinya sendiri.

Indikator Sukses

Sukses secara kuantitatif tercapai apabila video mampu menjangkau banyak audiens dengan demografi yang beragam secara usia, ketertarikan, pendidikan, kelas ekonomi, gender, dll. Sukses secara kualitatif tercapai apabila serial video ini mampu membuka pikiran, memulai dialog, membangun kepekaan sosial, dan yang terpenting mampu mempresentasikan kekuatan suara dan cerita setiap perempuan yang ditampilkan oleh BDS.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.410 Juta

Durasi Proyek

9 bulan