Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

957 - Female Empowerment Wilderness Event


Nama Inisiator

AMANDA BELINA TETINSYA

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://www.youtube.com/watch?v=ac5hjQlUKmw&pbjreload=10

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Project Female Empowerment Wilderness Event (FEWE) adalah sebuah kegiatan yang menitik-beratkan pada pemberdayaan perempuan dan inspirasi kemandirian dengan menggunakan perjalanan alam terbuka sebagai media aktualisasi dalam merubah paradigma perempuan sebagai insan yang tidak cakap, menyusahkan, dan sangat tergantung terhadap pria dalam perjalanan alam terbuka. Project FEWE dipelopori oleh empat perempuan yang datang dari berbagai latar belakang dan mempunyai perhatian besar terhadap lingkungan alam terbuka. Untuk menghadapi perjalanan alam terbuka, para perempuan ini dipandu oleh seorang anggota Wanadri dalam menyiapkan fisik, mental dan keterampilan mereka. Panduan ini berupa bina jasmani bersama, kursus perlengkapan perbekalan dan manajemen perjalanan, dan simulasi keahlian dasar penggiat alam terbuka. Pembekalan atau panduan ini tidak hanya menjadi behan peningkatan kemampuan para wanita tersebut tetapi juga menjadi sebuah contoh bagaimana melaksanakan sebuah perjalanan kegiatan alam yang aman.Para peserta juga akan mendapatkan pembekalan dokumentasi film dan potret dalam mengabadikan proses persiapan dan perjalanan mereka. Perjalanan mandiri akan dilakukan setelah pembekalan yang disebut diatas dan akan didokumentasikan untuk menjadi bahan screening, diskusi dan sharing session dalam tiga (3) temu wicara. Titik akhir kegiatan Project FEWE akan berupa sebuah temu wicara yang menampilkan jambore perjalanan alam terbuka Project FEWE dan kompilasi proses perjalanan anggotanya.

Latar Belakang Proyek

Paradigma bahwa perempuan tidak cakap, menyusahkan, dan sangat tergantung pada kaum laki-laki tidak hanya berlaku dalam pandangan umum penggiat alam terbuka tetapi juga pada masyarakat umum. Paradigma tersebut menjadi pemicu hambatan-hambatan terhadap perempuan dalam kehidupan berkeluarga, karir, dukungan moril dan fisik, dan akses terhadap kesetaraan dalam kehidupan sosial. Project FEWE menyadari hal-hal yang disebut diatas dan ingin merubah paradigma tersebut melalui kegiatan alam terbuka yang nota bene selamaini dilihat sebagai domain yang didominasi kaum pria. Project FEWE melihat bahwa dengan melakukan proses persiapan dan perjalanan yang benar dan aman, Project FEWE dapat memberikan sumbangsih dalam beberapa hal: 1. Perubahan paradigma perjalanan alam terbuka yang sembrono dan tidak aman menjadi paradigma perjalanan alam terbuka yang dipersipakan dengan benar dan perjalanan yang dilakukan dengan aman. 2. Memicu perhatian yang lebih besar terhadap lingkungan hidup 3. Menjadi inspirasi perempuan lainnya bukan hanya dalam kegiatan alam terbuka tetapi juga dalam berbagai bidang kehidupan lain 4. Menjadi pemicu untuk lebih terbukanya akses dan dukungan bagi kebutuhan perempuan bukan hanya dalam kegiatan alam terbuka tetapi juga dalam berbagai bidang kehidupan lain

Masalah yang Diangkat

Paham patrialisme di Indonesia yang masih cukup kuat menyebabkan kurangnya akses dan dukungan bagi perempuan untuk mendapatkan kesetaraan sosial dan meningkatkan nilai-nilai kehidupannya. Project FEWE meyakini bahwa perubahan cara pandang patrialisme tersebut harus dandapat dirubah melalui kegiatan-kegiatan yang terjadi pada suatu tempat dan keadaan yang tidak parsial: alam terbuka yang liar dan terpencil. Alam terbuka tidak akan membedakan manusia yang berkegiatan di lingkungannya. Alam terbuka tidak memilah-milah penggiat alam terbuka sesuai dengan suku, agama, ras atau jenis kelamin. Kemampuan untuk menanggulangi dan menyiasati keadaan-keadaan yang diluar kendali manusia tersebut bergantung pada persiapan fisik, mental dan kemampuan dasar penggiat alam terbuka. Project FEWE meyakini keadilan yang diberikan oleh ibu bumi kita dan terdorong untuk ikut bersumbangsih dalam menghadapi masalah-masalah ketidaksetaraan gender dan paradigma patrialisme melalui kegiatan alam terbuka. Project FEWE meyakini bahwa dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dengan komitmen dan konsistensi untuk belajar dan berlatih, dan dengan kerendahan hati dalam melaksanakan proses perjalanan tersebut, Project FEWE dapat memberikan dampak positif bagi akses dan dukungan terhadap perempuan Indonesia, menjadi inspirasi bagi perempuan lain dan masyarakat umum, dan mengembangkan suatu jaringan penggiat alam terbuka perempuan.

Indikator Sukses

1. Melakukan tiga perjalanan alam terbuka mandiri di mana perempuan memegang peran-peran utama; 2. Menghasilkan sebuah film dokumenter sepanjang 45 menit; 3. Melakukan presentasi Project Female Wilderness Empowerment Event sebanyak tiga kali; 4. Menghasilkan 10-15 peserta perempuan yang mempunyai ketangguhan fisik, mental dan keahlian dalam kegiatan alam terbuka; 5. Melakukan jambore peserta Project FEWE pada akhir masa hibah; 6. Melakukan temu wicara sebanyak 3 kali dengan penggiat alam terbuka dan masyarakat umum; 7. Mengadakan sebuah pameran instalasi foto-foto kegiatan yang dibarengi dengan diskusi para alumni dari event tersebut; 8. Pembuatan website.

Lokasi

Sulawesi Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.130 Juta

Durasi Proyek

9 bulan