Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Syarlly Bahri


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kuliner

Pengalaman Berkarya

2 Tahun

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

954

Judul Proyek

Ikan Dalam Bui

Lokasi Proyek

Kubu Raya, Kalimantan Barat

Deskripsi Proyek

Kegiatan ini merupakan wadah bagi para istri dan anak dari para narapidana yang kesulitan untuk menafkahi kehidupan mereka, dikarenakan sang suami atau ayah mereka sedang mengalami masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kota Pontianak.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Kegiatan ini di awali oleh keinginan untuk membantu salah seorang siswa yang hampir putus Sekolah Menengah Atas di karenakan sang ayah harus menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan. Sementara itu, sang ibu, dengan usia yang tak lagi muda mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan demi memenuhi kebutuhan hidup kelurga sehari-hari. Sang ibu, yang selama ini hanya berkutat mengurus kehidupan rumah tangga di paksa untuk dapat memenuhi kewajiban sehari-hari, seperti kebutuhan makan, sekolah anak, dan biaya kehidupan lain, seperti biaya utilitas setiap bulan. Dengan bermodalkan kemampuan yang sudah dimilikinya, yaitu memasak untuk keluarga, maka saya mempekerjakan sang Ibu untuk membantu usaha catering sampingan saya yang selama ini hanya saya kerjakan seorang diri. Seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit masalah kebutuhan ekonomi dapat sedikit teratasi. Merasa ingin berbagi dengan para istri narapidana yang mengalami kesulitan yang sama dengannya, sang Ibu mengajak beberapa dari mereka untuk ikut bekerja dalam usaha catering ini, yang mana merupakan proses pengolahan masakan khas kota Pontianak, yaitu Ikan Nila Asam Pedas. Yang masih berjalan dengan baik hingga tahun ini.

Masalah yang Diangkat

Seiring dengan perjalanan waktu, selama 2 tahun, catering ini berjalan dengan alat apa adanya dan dengan keuntungan yang hanya cukup untuk diberikan sebagai gaji para sang Ibu. Sementara, permintaan semakin besar, hanya saja belum mampu untuk di penuhi dikarenakan keterbatasan biaya. Melihat peluang yang ada, saya berfikir untuk mencoba mengembangkan usaha ini dengan meberikan edukasi kepada para ibu untuk dapat mengembangkan sendiri tambak nila yang merupakan bahan utama dari menu kami. Selain itu, seiring dengan perkembangan tambak, maka selanjutnya, keuntungan dari hasil panen tambak akan diberikan kepada mereka sebagai modal awal mereka untuk membuka usaha yang sama, sehingga kedepannya para Ibu dapat mandiri dan memiliki modal sendiri untuk mengembangkan usahanya. Dan dengan demikian, mereka masing-masing di harapkan dapat saling membantu para wanita lain yang memiliki kesulitan yang sama dengan mereka. Yang artinya, mereka dapat membuka peluang pekerjaan baru untuk para wanita lain, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka tanpa terhalang latar belakang pendidikan yang rendah, latar belakang keluarga yang bermasalah, pengalaman kerja, dan usia. Sehingga nantinya akan dapat membuka lapangan kerja yang bermodalkan pada kemauan bekerja keras dan belajar oleh para pekerja itu sendiri.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Proyek ini dapat dikatakan sukses, ketika para Ibu dan anak dari para narapidana dapat menerima dan menerapkan edukasi tentang cara pembibitan dan pengembangan ikan nila sebagai bahan dasar pembuatan Ikan Nila Asam Pedas Khas Kota Pontianak. Selain itu, diharapkan kegiatan ini bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah dan Dinas Sosial, agar mereka dapat lebih memberikan perhatian kepada para keluarga yang mendapat perlakuan negatif dan pembullyan oleh masyarakat pada umumnya dikarenakan permasalahan latar belakang sebagai istri atau anak dari seorang narapidana, karena mereka membutuhkan wadah dan perlindungan untuk dapat terus melanjutkan kehidupan, membesarkan anak seorang diri, serta melanjutkan pendidikan yang lebih baik dengan diberikan ruang gerak yang lebih baik dan lebih luas untuk mereka sekolah dan menafkahi diri.

Dana Hibah

Rp.68 Juta