Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

maria goretti megarita


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

12 tahun

Situs Web

Media Sosial

fb megarita,ig megarita2

Proyek


No. Formulir

953

Judul Proyek

: Pertunjukan drama tari kontemporer “Jerat”

Lokasi Proyek

Yogyakarta dan Jakarta

Deskripsi Proyek

Sebuah plot cerita yang di visualkan dalam dua bentuk media , drama tari eksplorasi gerak dan penggalan adegan yang di tampilkan dalam bentuk audio visual. Dengan alur cerita sebab akibat, drama tari ini menggambarkan tentang bagaiman seorang wanita bisa menjadi korban perdagangan manusia. Bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terdekat bisa menjadi salah satu pemicu seseorang mengambil keputusan tanpa berpikir panjang. Adegan dalam screen akan menampilkan latar belakang konflik dan kondisi perekonomian keluarganya. Sedangkan eksplorasi gerak di atas panggung menjadi symbol yang menggambarkan peristiwa yang dialami tokoh Gayatri. Karya ini melibatkan lima belas penari, dengan 3 penari inti. Dua penari yang menjadi tokoh adalah perempuan dan satu pria yang menjadi tokoh antagonis . llustrasi musik disesuaikan dengan suasana adegan untuk memperkuat suasana alur cerita yang sedang berlangsung.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Berawal dari rasa keprihatinan dengan begitu banyaknya kisah pilu para wanita yang menjadi korban dari perdagangan manusia. Sasaran yang rentan karena faktor kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan mereka,kurangnya kesadaran dalam mencari detail informasi tentang pekerjaan yang ditawarkan, kultur budaya yang menempatkan wanita pada posisi lemah, juga hubungan keluarga yang tidak harmonis, menjadi beberapa sebab mereka mudah terjerat dalam kasus ini. Banyak yang sudah terekspos tapi banyak pula yang tenggelam dan terlupakan. Tawaran pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan menjadi jawaban yang sering kita dapat dari para korban hingga kasus ini selalu berulang. Pementasan drama tari dan video ini memberikan gambaran tentang semua hal itu, mencoba mengajak untuk semakin menumbuhkan rasa peduli dan memahami sesama dengan lebih bijak. Karena kasus ini tentu membawa dampak negatif bagi kehidupan korban secara psikis dan juga secara fisik karena kekerasan yang mereka alami.

Masalah yang Diangkat

Human Trafficking adalah salah satu masalah yang masih memerlukan perhatian khusus. Meski pemerintah sudah mengupayakan berbagai usaha untuk menekan jumlah perdagangan manusia, namun kasus ini masih banyak ternjadi. Menurut data PBB Indonesia merupakan negara kedua yang rentan terhadap perdagangan manusia . Pemerintah Indonesia sendiri memperkirakan 1,9 juta dari 4,5 juta warga Indonesia yang bekerja di luar negeri (kebanyakan adalah perempuan) tidak memiliki dokumen atau telah melewati batas izin tinggal. Data dari IOM menunjukkan 70% korban human trafficking adalah perempuan. Sedangkan berdasarkan usia 87% adalah dewasa. Penggambaran dari latar belakang wanita yang rentan menjadi korban perdagangan manusia salah satunya berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Baik karena masalah perekonomian, konflik- konflik yang terjadi dalam keluarga tersebut dan juga rendahnya tingkat pendidikan .Kurangnya kesadaran dalam menggali informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal yang menjadi isu sosial membuat mereka mengambil langkah yang salah. Mudah mempercayai orang lain yang memberikan tawaran pekerjaan dengan gaji besar.

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

Penonton dapat memahami isi atau pesan yang ingin di sampaikan dalam karya ini.Terwujudnya pertunjukan kolaborasi drama tari kontemporer “Jerat” di dua kota,Yogyakarta dan Jakarta

Dana Hibah

Rp.351 Juta