Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

942 - BASAbali Wiki dan Seniman Perempuan Bali


Nama Inisiator

Alissa Stern

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

8 bulan

Contoh Karya

2018-02-03_14-36-01.jpg

Situs Web

http://dictionary.basabali.org

Media Sosial

https://www.facebook.com/BASAbaliWIKI/

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

BASAbali Wiki akan melaksanakan proyek pendokumentasian perempuan seniman Bali dan melibatkan masyarakat dalam memajukan sumber referensi tentang perempuan untuk mengapresiasi karya para perempuan Bali serta meneruskan tradisi berkesenian kepada perempuan generasi muda. Data-data yang akan didokumentasikan berupa biodata/biografi singkat, contoh karya, foto dan atau video serta ulasannya. Pendokumentasian ini mencakup empat ranah kesenian, yaitu seni lukis, sastra, drama/teater, dan seni tari. Perempuan seniman yang dimaksud mulai dari generasi tua hingga generasi muda, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal. Pendokumentasian keempat ranah seni ini melingkupi aliran tradisi, modern, dan kontemporer. Secara khusus BASAbali Wiki juga mengajak para perempuan seniman berkolaborasi meneruskan semangat berkesenian kepada perempuan generasi muda dalam sebuah workshop pendokumentasian supaya generasi muda menjadi mitra perubahan dalam kolaborasi ini. Workshop pendokumentasian ini juga dijadikan wadah mengajak masyarakat aktif secara sistematis dalam sikap dan prilakunya untuk lebih mengapresiasi karya para perempuan, dalam hal ini peran serta seniman perempuan dalam memperkaya bahasa dan kearifan budaya Bali. Seluruh hasil dokumentasi akan dipublikasikan di laman BASAbali Wiki (wiki khusus untuk memajukan bahasa dan kebudayaan Bali). Untuk makin mempublikasikan perempuan seniman Bali, maka informasi ini juga akan dipublikasikan dalam Wikipedia Indonesia dengan laman BASAbali Wiki sebagai rujukannya.

Latar Belakang Proyek

Selama ini, kesenian di Bali cenderung didominasi lelaki, terutama dalam kaitannya dengan penyebaran informasi/pengetahuan, publikasi karya, dan promosi diri. Jika kesenian yang dilakoni laki-laki lebih mudah dilacak keberadaannya, maka saatnya melacak kesenian yang dilakoni perempuan. Sejauh mana perempuan mengapresiasi dirinya dalam karya seni? Sejauh mana perempuan memaknai kehidupannya melalui dunia seni? Apakah seni mampu memberikannya cukup ruang berekspresi dan berkreativitas di tengah tantangan-tantangan hidupnya? Sejauh mana perempuan sebagai seorang ibu memanfaatkan seni sebagai pembelajaran nilai-nilai budaya untuk generasi penerusnya, khususnya anak perempuan? Maka, sebuah proyek mendokumentasikan perempuan seniman beserta karyanya menjadi langkah untuk mengapresiasi peran perempuan seniman Bali dan memudahkan akses pengetahuan ini bagi publik yang lebih luas. BASAbali Wiki adalah situs web yang merupakan kombinasi kamus referensi, ensiklopedia, dan perpustakaan digital dalam tiga bahasa (Bali, Indonesia, Inggris) yang masyarakat bisa edit sendiri. BASAbali Wiki memuat karya-karya berbahasa Bali, sosok-sosok berpengaruh, dan hal-hal lain terkait bahasa serta budaya Bali. Tahun 2018 ini BASAbali memenangkan award bergengsi dari Linguapax International. Dalam proyek ini tim BASAbali Wiki mengajak masyarakat umum untuk terlibat aktif dalam pendokumentasian perempuan seniman Bali ke dalam BASAbali Wiki. Bahasa dan budaya Bali adalah milik masyarakat Bali, maka seyogianya BASAbali Wiki ini juga dihidupkan dan dikembangkan oleh masyarakat Bali.

Masalah yang Diangkat

Informasi profil dan karya para perempuan seniman di Bali sangatlah minim. Sejauh ini belum banyak yang bisa diakses melalui internet. Maka, proyek mendokumentasikan profil perempuan seniman Bali beserta karyanya secara daring penting dilakukan sebagai upaya apresiasi, pembelajaran, publikasi, promosi, dan distribusi pengetahuan ke publik yang lebih luas. Hal penting berikutnya dari keberadaan para perempuan seniman ini adalah terbatasnya ruang meneruskan semangat berkesenian kepada perempuan generasi muda. Apalagi di era globalisasi ini penggerusan-penggerusan terhadap budaya tidak terhindarkan. Di tengah hiruk-pikuknya tugas dan kewajiban seorang perempuan Bali, maka upaya meneruskan tradisi berkesenian oleh para perempuan seniman kepada perempuan generasi muda dalam workshop pendokumentasian menjadi sebuah usaha dalam proyek ini untuk memelihara serta mengembangkan kreativitas seni, budaya, dan termasuk di dalamnya pelestarian bahasa Bali sebagai bahasa ibu, pengemban nilai-nilai budaya Bali. Dalam proyek ini tim BASAbali Wiki juga mendorong masyarakat mendokumentasikan perempuan seniman dalam bidang seni lukis, sastra, drama/teater, dan tari. Keempat jenis kesenian ini dipilih karena mampu mewakili seni visual (seni lukis), seni audio (sastra), dan seni audiovisual (drama/teater dan tari) serta memiliki dasar kuat dalam budaya Bali. Kegiatan pendokumentasian bersama masyarakat ini diharapkan menjadi jejak tertulis bagi kreativitas perempuan seniman Bali hingga lingkup internasional, melalui laman BASAbali Wiki dan Wikipedia Indonesia.

Indikator Sukses

Proyek ini dapat disebut sukses bila terdapat 50 perempuan seniman di Bali telah terdata secara daring dalam BASAbali Wiki (http://dictionary.basabali.org.), dan telah dibagikan ke media sosial. Ini menjadi indikator pertama untuk proyek ini. Perempuan seniman adalah yang mencakup ranah seni lukis, sastra, drama/teater, dan tari. Keempat ranah seni ini melingkupi aliran tradisi, modern, dan kontemporer. Perempuan seniman yang dimaksud mulai dari generasi tua hingga generasi muda, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dengan pengalaman berkesenian minimal selama satu tahun. Indikator kedua adalah suksesnya penyelenggaraan workshop pendokumentasian yang diarahkan untuk melibatkan peran aktif masyarakat dalam mendokumentasikan profil dan karya para perempuan seniman di Bali. Kesuksesan workshop dilihat dari antusiasme peserta.Terdapat setidaknya 20 orang peserta yang mengikuti workshop ini. Tim BASAbali Wiki ingin membuka ruang dan kesempatan bagi perubahan sikap dan prilaku masyarakat, terutama perempuan generasi muda, dalam mengapresiasi peran serta perempuan seniman dalam memperkaya kearifan lokal budaya Bali. . Tim BASAbali Wiki ingin melihat para peserta workshop secara mandiri memasukkan data-data profil dan hasil karya perempuan seniman lainnya ke situs web BASAbali Wiki. Tercapainya indikator terakhir ini ditunjukkan dengan adanya tambahan sedikitnya 20 perempuan seniman yang berhasil didokumentasikan peserta workshop ke situs web BASAbali Wiki dalam masa proyek.

Lokasi

Provinsi Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp.350 Juta

Durasi Proyek

8 bulan