Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

939 - Kama Vidya


Nama Inisiator

Widya Rahayu Utomo

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

3 Bulan

Contoh Karya

IMG-9149.JPG

Situs Web

Media Sosial

instagram : @laluna.jewelry

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Ini adalah sebuah proyek lintas generasi dimana desainer pakaian dan perhiasan wanita muda Indonesia berkolaborasi dengan para pengrajin kain, perak dan batu alam yang telah berabad lamanya menekuni masing masing bidang mereka. Tujuannya adalah untuk menghasilkan karya yang membaur sempurna dengan perkembangan zaman namun tetap mencerminkan kebudayaan Indonesia dalam bentuk "ready-to wear fashion and jewellery" . Proyek akan dimulai dengan perjalanan ke DI Yogyakarta untuk menemui para penenun kain lurik dan pengrajin perak, mendokumentasikan karya dan cerita mereka lewat foto dan video perjalanan. Tahap kedua adalah proses desain dan produksi. Setiap lini produk akan di desain dengan tujuan untuk merepresentasikan cerita daerah, legenda rakyat, dan tokoh wanita Yogyakarta dengan media pakaian dan perhiasan sehari-hari. Tahap ketiga dalam proyek ini adalah optimalisasi internet dan sosial media untuk kepentingan promosi dan edukasi budaya, dimana kita akan menjalin kerjasama dengan kreator kreator digital muda Indonesia untuk menarik massa melaui konten-konten yang menarik, modern namun tetap berbudaya. Setelah itu, puncaknya adalah pameran dan "Fashion Show" dimana semua hasil karya di presentasikan sebaik mungkin, dikombinasikan dengan pemutaran film dokumentasi perjalanan, pameran foto dan "story telling" cerita rakyat dalam bentuk ilustrasi dan animasi digital.

Latar Belakang Proyek

Saya adalah anak desa. saya tumbuh besar dengan dongeng-dongeng dan legenda rakyat yang di ceritakan nenek saya setiap malam sebelum tidur. Namun, saya juga bagian dari generasi millenial ini yang menyaksikan langsung bagaimana sedikit demi sedikit, identitas budaya bangsa kita mulai tergerus, mengabur dan mebias dari generasi kami. Bagi saya, fleksibilitas adalah kuncinya. Oleh karena itu, saya ingin menghasilkan karya yang kaya akan nilai-nilai budaya namun tetap berdampingan dan beriringan dengan perkembangan zaman. Seperti nenek, Saya ingin bercerita, namun tidak melulu dengen kata; lewat pakaian, perhiasan, lukisan, illustrasi, foto dan film pendek demi memenuhi potensi diri saya dan lebih dari itu, saya ingin dapat bekerja sama dengan pengrajin perempuan Indonesia dari segala lini masa dan latar belakang, mendengarkan cerita mereka, bersama sama merealisasikannya dalam karya, untuk kami, untuk kita, para wanita Indonesia. Agar Indonesia dan semua nilai baiknya bisa hidup lama dan abadi dalam diri setiap generasi.

Masalah yang Diangkat

Saya menyaksikan setiap hari, bagaimana waktu kita kadang habis tidak menentu, berselancar di dunia maya, mengurusi hal hal yang sebenarnya bukan urusan kita. Saya percaya, kita bisa menggunakan internet dan sosial media untuk hal yang jauh lebih baik termasuk berkarya. Saya juga mengamati, industri pakaian yang meningkat tajam, dan sebagian besar dari kita adalah konsumer sejati yang tidak terlalu sulit untuk dipengaruhi oleh "endorsers" yang sehari hari kita jadikan panutan di setiap akun sosial media kita untuk membeli apapun yang mereka iklankan. Ada banyak desainer lokal yang menyuarakan budaya kita lewat koleksi koleksi mereka; namun sayangnya, sebagian besar masih dijual dengan harga yang tidak mudah dijangkau. Oleh karena itu, lewat proyek ini saya ingin menyediakan pakaian dan perhiasan berkualitas, kaya akan identitas budaya namun tetap bisa dijangkau sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia. Kita semua, sebagaimana saya, juga menjadi saksi bagaimana anak anak kecil, generasi masa depan bangsa ini lebih banyak menonton Youtube dari pada akrab dengan dongeng Roro Jonggrang. Oleh karena itu, saya berharap dapat berkontribusi untuk menceritakan pada mereka legenda legenda kita, lewat ilustrasi, foto dan film pendek. Semuanya akan dikerjakan melalui kolaborasi, dengan berbagai kreator wanita Indonesia, dengan beragam usia, kepandaian, cerita dan latar belakang.

Indikator Sukses

- Engagement Social Media yang sukses ; menarik banyak followers, yang tidak hanya mem-follow topi aktif berinteraksi, berdiskusi dan menyuarakan pendapat mereka, bahkan jika mungkin, berkarya bersama. - Pameran dan Pagelaran yang ramai dan menarik perhatian serta memperoleh banyak review yang baik. - Semua koleksi terjual dan menarik antusias pembeli. - Para pengrajin lokal mendapat lebih banyak perhatian dan potensi untuk di ajak bekerja sama oleh kreator-kreator lain. - Film pendek mendapat banyak penonton, disukai, sehingga akun sosial media yang menjadi media pemutar film dan foto-foto ini bisa dijadikan media untuk para kreator muda lainnya untuk mempromosikan karya mereka dimasa depan.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.350 Juta

Durasi Proyek

6 bulan