Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

938 - Ibu di Mata Anak-Anak Nelayan


Nama Inisiator

Indrya Mulyaningsih

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang dapat menggambarkan kehidupan nyata. Penelitian ini akan membingkai potret seorang ibu di mata anak-anak. Anak-anak yang dimaksud adalah anak-anak nelayan yang tinggal di pesisir Cirebon. Anak-anak diminta untuk menceritakan potret ibu mereka dalam beberapa puisi. Membuat atau menulis puisi bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, akan dilakukan klarifikasi melalui wawancara terhadap puisi-puisi yang telah dihasilkan. Kegiatan ini diharapkan dapat: 1) menghasilkan sebuah buku berisi antologi puisi tentang ibu di mata anak-anak nelayan, 2) mendeskripsikan sosok atau potret ibu di mata anak-anak, 3) mendeskripsikan peran ibu dalam mendidik anak-anak, serta 4) mendeskripsikan berbagai hal yang dilakukan ibu dalam mendukung kepala keluarga.

Latar Belakang Proyek

Keterampilan berbahasa, meliputi: membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Menulis puisi bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi bagi anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat membantu anak-anak dalam menulis puisi. Puisi-puisi tersebut akan dibukukan menjadi antologi. Antologi puisi ini diharapkan dapat menjadi media dan sumber belajar bahasa Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Bagaimana cara agar anak dapat menyampaikan potret tentang seorang ibu dalam bentuk puisi?

Indikator Sukses

Terbit sebuah antologi yang terdiri atas 200 puisi tentang sosok seorang ibu. Puisi ini ditulis oleh anak-anak nelayan di Cirebon.

Lokasi

Cirebon/Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.75 Juta

Durasi Proyek

4 bulan