Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

937 - Literasi Evav


Nama Inisiator

Siti Nafisah Rahantan

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

9 bulan

Contoh Karya

2018-3-19-10-31-30.mp4

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Literasi Evav adalah sebuah proyek yang sebelumnya, bersama kawan-kawan, telah kami laksanakan di Kota Tual dengan nana Mawar Puisi; roadshow dari sekolah ke sekolah untuk mengenalkan adik-adik pada gerakan literasi, seni dan sastra. Selanjutnya, saya ingin agar agenda ini juga bisa menyentuh adik-adik yang tinggal di pulau-pulau. Saya ingin menularkan dan membangkitkan kecintaan adik-adik pada seni dan sastra lewat beberapa agenda seperti: lapak membaca, pembacaan puisi, pembacaan cerita, mendongeng, kelas menulis, nonton bareng, dan saya juga akan melibatkan kawan-kawan di bidang seni, seperti melukis dan teater, untuk mengisi kegiatan ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan di desa-desa yang sulit dijangkau yang masih berada di sekitar Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru.

Latar Belakang Proyek

Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru terdiri dari pulau-pulau yang tidak hanya sulit dijangkau, tapi juga belum tersentuh cahaya listrik dan cahaya pendidikan. Kerap saya temui adik-adik lulusan sekolah di pulau-pulau tidak bisa membaca sama sekali, meskipun sudah lulus SMP atau SMA. Adik-adik ini, mereka punya semangat dan bakat yang bagus, sayang tidak didukung oleh guru maupun orang tua. Bagi sebagian besar orang, rumus hidup bahagia adalah: sekolah yang baik, kuliah yang benar, wisuda, jadi PNS, menikah, lalu pensiun. Bukan rahasia umum. Saya ingin mereka berani bermimpi, berani berkarya. Bahwa tujuan hidup tidak melulu menjadi pegawai pemerintahan. Setiap orang bisa menjadi apapun yang mereka impikan. Lewat literasi, seni dan sastra saya ingin pikiran mereka terbuka.

Masalah yang Diangkat

Keterbatasan adik-adik di pulau-pulau dalam mengakses sumber pendidikan, seni dan sastra, serta minimnya dukungan lingkungan sekitar adalah salah satu alasan mengapa proyek ini penting untuk saya dan kawan-kawan laksanakan. Yang utama adalah, bagaimana masyarakat merumuskan arti bahagia; jadi PNS lalu pensiun. Satu rumus yang diturunkan dari generasi ke genarasi, sehingga seolah menutup impian anak-anak untuk menjadi apanyang diinginkan. Sesuai minta dan bakatnya. Saya berharap dengan mengenalkan adik-adik agar melek literasi, seni dan sastra, dapat sedikit memberikan pencerahan dan harapan untuk bermimpi lebih tinggi.

Indikator Sukses

Indikasi keberhasilan proyek ini adalah, saya dan kawan-kawan dapat melakukan roadshow Literasi Evav paling tidak di 20 pulauh daerah sekitar Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru. Di akhir proyek kami akan mengumpulkan karya-karya adik-adik adik dalam bentuk tulisan berupa puisi atau karya fiksi lainnya untuk dibukukan.

Lokasi

Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru (Maluku)

Dana yang Dibutuhkan

Rp.80 Juta

Durasi Proyek

9 bulan