Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

927 - Pelatihan dan Pameran Vektor


Nama Inisiator

Mustafiah

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

4 tahun

Contoh Karya

contoh karya Fia untukk CME.jpg

Situs Web

-

Media Sosial

https://www.instagram.com/themodsgallery/ (instagram : TheModsGallery)

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Pelatihan karya vector untuk perempuan muda di kecamatan Lembang, Kab. Pinrang. Sulsel. Sasaran peserta pelatihan merupakan remaja perempuan (siswi SMA/Sederajat dan SMP/sederajat yang telah mampu mengoperasikan computer). Pemohon berserta tim akan mengunjungi masing-masing 8 sekolah di Kec. Lembang yang akan menjadi sasaran pelatihan, dengan total keseluruhan 100 peserta. Ditargetkan dalam 3 bulan, setiap peserta telah mampu menghasilkan karya untuk dipamerkan. Selanjutnya, pameran karya hasil pelatihan akan dilaksanakan 2 hari di ruang terbuka (lapangan) pusat kecamatan. Untuk menggalang banyak pengunjung dan demi meriahnya acara, di pameran ini akan menampilkan pementasan seni dari beberapa sekolah mulai TK hingga SMA, kelompok pemuda dan ibu-ibu di kecamatan Lembang. Berupa tari-tarian, nyanyian, dan karya seni lainnya yang bersifat hiburan.

Latar Belakang Proyek

Di kota Makassar, saya bergabung di beberapa komunitas kreatif salah satunya komunitas desain grafis berbasis vector (Vektorina Makassar). Namun saya tidak habis pikir, mengapa di setiap komunitas tersebut selalu saja perempuan menjadi kaum minoritas. Padahal dalam berkarya khususnya desain grafis, perempuan juga tidak bisa diremehkan. Perempuan memiliki ketulusan, ketelitian, yang tidak semua laki-laki miliki, dan hal ini sangat dibutuhkan bagi seorang designer grafis. Setelah memutuskan menetap di kampung halaman (Kec. Lembang) saya menyaksikan betapa perempuan di kampung rata-rata lebih memilih menikah muda ketimbang melanjutkan studynya ke kota, karena tuntutan ekonomi, ada karena terlalu mengkhawatirkan kehidupan kota, bagi mereka dan orangtunya “kehidupan kota sangat berbahaya bagi anak gadis”. Hingga setelah menikah aktifitasnya itu-itu saja; Mengurus rumah, dapur, anak-anak. Padahal bagi saya, perempuan juga harus memperhatikan keilmuan, keterampilan, pengalaman. Olehnya, Melalui skill designer grafis yang saya miliki saya akan mengajarkan design vektor kepada remaja perempuan. Agar mata mereka terbuka lebar dan mereka lebih berani berkarya sejak dini. Laptop yang dibeli dari hasil jerih payah orangtua, tidak rusak hanya untuk main game atau dinyalakan jika hanya ada tugas TIK dari sekolah (pengalaman pribadi dan teman). Berharap usaha yang saya lakukan ini menjadi pemantik untuk menghasilkan perempuan kreatif dari kampung.

Masalah yang Diangkat

"Perempuan adalah tiang negeri, membuatnya cerdas akan menghasilkan peradaban dari rahimnya". Besar keingan saya untuk membangkitkan kesadaran ini. Proyek (Pelatihan dan pameran karya vector) ini berharap bisa memberi kesadaran pada perempuan, khususnya perempuan di kampung-kampung bahwa mereka juga bisa berkarya sambil mengurus rumah. Dengan kemampuan design grafis yang kelak mereka miliki, mereka bisa menyalurkan hobbinya hanya sambil mengasuh anak di rumah. Mereka bisa berkarya dan membantu keuangan keluarga hanya dengan bantuan computer/laptop sambil membersihkan dan memasak. Bagi remaja putri pun demikian, kesadaran berkarya sejak dini harus ditumbuhkan, kelak dunia kerja bukan hanya meminta nilai ulangan matematikamu, tapi justru meminta keterampilan dan pengalamanmu. Sejak dini, perempuan harus disadarkan bahwa ilmu itu penting, pengalaman dan keterampilan sangat penting bagi mereka, bukan hanya untuk dunia kerja, lebih dari itu untuk bekal menjadi ibu cerdas yang melahirkan keturunan yang berkualitas dan jenius dari kampung-kampung.

Indikator Sukses

1. Jika 85 % peserta, setelah 3 bulan pelatihan mampu menghasilkan karya yang bisa dipamerkan. 2. Pengunjung pameran mencapai 1.000 orang 3. 25% dari pengunjung perempuan pameran, tertarik untuk mulai berkarya.

Lokasi

Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Sulawesi Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

4 bulan