Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Uci Soemarmo


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

3 tahun 8 bulan

Situs Web

Media Sosial

Facebook: Street Violinst Project, Instagram: Street Violinist Project

Proyek


No. Formulir

922

Judul Proyek

Shelter Musik Jakarta

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Mengharapkan Pemerintah DKI Jakarta menyediakan fasilitas semacam Shelter di tempat dimana para Musisi Jalanan yang berkualitas dapat tampil memainkan musiknya dan menghibur warga Jakarta, terutama di jam-jam tertentu di tengah kemacetan lalu lintas. Penampilan Musisi Jakarta ditengah kemacetan di Shelter Musik yang dibina oleh Pemda DKI diharapkan dapat mengurangi rasa stres warga Jakarta yang sehari-harinya menghadapi kemacetan terutama disaat pulang kerja.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini muncul setelah selama hampir 4 tahun saya mendampingi para pemain biola jalanan yang biasa main di kolong jalan layang Simatupang- Antasari. Mereka memainkan biola ketika jalanan tersebut macet, dan mendapat uang dari pengemudi mobil yang terhibur di sela-sela kemacetan. Saat ini, beberapa area tempat mereka bermusik mencari nafkah sudah menjadi daerah terlarang, sehingga mereka kehilangan nafkah dari bermusik. Kepandaian memainkan biola yang mereka pelajari secara otodidak merupakan kelebihan mereka yang selama ini hanya mengandalkan penghasilannya dari jalanan. Proyek pendampingan yang telah berjalan hanya memberikan akses lebih luas untuk mereka sehingga dapat bermain selain di jalanan. Dengan dibentuknya Street Violinist Project, mereka sudah dapat tampil ditempat-tempat yang lebih layak, namun mereka tetap membutuhkan kepastian dalam berkarya sekaligus berpenghasilan yang juga layak. Karenanya, mereka amat membutuhkan dukungan dan bantuan baik berupa fasilitas tempat bermusik, biaya untuk meningkatkan kualitas alat musiknya juga penghasilan yang dapat dijadikan pegangan hidup. Shelter Musik Jakarta dapat menjadi aset Pemda dalam menjalankan misi seni dan budaya, dan diharapkan musisi-musisi jalanan akan termotivasi untuk selalu meningkatkan kualitas dalam segala hal agar dapat tampil disana.

Masalah yang Diangkat

Dengan dana hibah yang memadai, juga akses dan dukungan dari Pemda DKI Street Violinist Project dapat membuat Shelter Musik Jakarta untuk memfasilitasi para Musisi Jalanan yang nantinya akan melalui proses audisi, sertifikasi dan peningkatan kualitas dalam karya musiknya.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Jakarta peduli pada Musisi Jalan yang benar-benar berbakat namun kurang beruntung nasibnya, dan memberikan fasilitas yang kita harapkan pada mereka.

Dana Hibah

Rp.300 Juta