Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Miftakhul khoiriah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

7 Tahun

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/mipthasuwunk

Proyek


No. Formulir

912

Judul Proyek

Bedhaya Kapitayan.

Lokasi Proyek

Surakarta, Jawa Tengah

Deskripsi Proyek

Kapitayan dalam Bahasa Jawa Kuno berarti kepercayaan asli manusia Jawa. Bedhaya Kapitayan merupakan sarana ungkapan kegelisahan krisis ideologi agama yang melanda Bangsa Indonesia. Karya Bedhaya Kapitayan berangkat dari kesenian tradisi Jawa, khususnya Jawa Tengah. Tarian ini menggunakan gerak tradisi Surakarta yang dikembangkan menurut interpretasi koreografer. Perbedaan agama antar penari dihadirkan sebagai alat untuk penuangan gagasan tentang cara beribadah menurut keyakinan. Kolaborasi music antar agama juga disajikan oleh koreografer dengan tujuan agar penikmat mampu merasakan dan menghormati perbedaan sajian music tersebut. Sehingga tari Bedhaya Kapitayan diciptakan meskipun, melalui perbedaan keyakinan tetapi tetap mempunyai satu tujuan yang sama yaitu beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Agama di Indonesia memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi Bangsa Indonesia, yakni Pancasila sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan UUD 1945 tentang “menjamin penduduk dan memeberi kebebasan beragama menurut kepercayaan masing-masing”. Adanya bermacam-macam agama dan aliran kepercayaan, konflik antar agama sering tidak terelakan. Perbedaan doktrin dan sikap mental, perbedaan pemeluk agama, suku dan ras, perbedaan tingkat budaya, masalah mayoritas, prioritas, serta minoritas antara agama merupakan penyebab konflik antar agama tersebut.

Masalah yang Diangkat

Agama yang merupakan ideologi Bangsa Indonesia kini telah luntur. Agama menjadi alat pemersatu bangsa kini dijadikan sebagai bahan perdebatan antar politik, demokrasi, konflik antar suku, ekonomi, dan budaya. Sehingga, menyebabkan pertikaian, pembunuhan, perselisihan antar masyarakat umat beragama.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Kolaborasi antar agama dalam wadah karya mampu mempererat persaudaraan antar umat beragama. Lewat karya, pelaku seni bersama menyampaikan nilai tentang krisis ideologi agama di Indonesia. Pencipta juga ingin menunjukkan betapa indah karya Indonesia dengan berbagai macam perbedaan dalam satu kesatuan.

Dana Hibah

Rp.45 Juta