Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Meilana Amrih Lestari


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

2 tahun

Situs Web

Media Sosial

Facebook: Meilana Santosa; Instagram: @meilanasantosa

Proyek


No. Formulir

900

Judul Proyek

Berakit-Rakit menuju Timur

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Timur

Deskripsi Proyek

1. Lokasi perjalanan ini akan berfokus pada daerah Nusa Tenggara Timur bersama Komunitas Taman Daun yang meiliki basis 35 lokasi taman baca. Gambaran program di NTT antara lain : a) Pementasan karya-karya saya (dalam bentuk lagu) di 10 lokasi taman baca. b) Workshop pemanfaatan sampah domestik secara sederhana pada warga sekitar tanam baca. c) Menanam dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar tempat tinggal. d) Melihat lahan pertanian dan permasalahan yang dihadapi. e) Saling berbagi ilmu apapun dengan masyarakat yang dikunjungi. 2. Selama perjalanan saya akan didampingi oleh 3 orang kawan yang akan membantu dalam pementasan dan dokumentasi. 3. Perjalanan akan dilanjutkan menuju ke arah barat diantaranya Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, dan berakhir di Jawa Tengah. Gambaran program: a) Masing-masing provinsi diambil dua-tiga Kota/Kabupaten sebagai lokasi pementasan karya. Pelaku seni akan menghubungi jaringan-jaringan yang ada di Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. b) Dalam setiap pementasan akan dibuka donasi untuk Komunitas Taman Daun guna menunjang kegiatan belajar anak-anak, seperti alat tulis, seragam, sepatu, buku, dll.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

1. Saya memiliki relasi Komunitas Taman Daun di Pulau Lembata (35 lokasi taman baca di NNT) yang bergerak pada pendidikan anak-anak dan dikelola secara mandiri. Berdasarkan informasi dan dokumentasi, anak-anak memiliki semangat belajar tinggi namun kekurangan sarana dan prasarana belajar. Saya harap, saya dapat melihat langsung keadaan masyarakat NNT, mengabarkan permasalahan yang terjadi disana lewat karya seni musik maupun jaringan yang saya miliki. 2. Saya mempelajari ilmu pertanian. Berdasarkan informasi dari Komunitas Taman Daun, mayoritas masyarakat NTT belum bisa memanfaatkan lahan garapan. Saya ingin berbagi tentang praktik pertanian yang disesuaikan dengan kondisi sosial-budaya setempat. 3. Saya tertarik dengan usaha pelestarian lingkungan ekosistem. Kawasan Indonesia Tengah memiliki sumberdaya laut yang kaya. Harapannya, saya bisa menyumbangkan ide-ide usaha menjaga/mempertahankan lingkungan alam yang dikemas dengan cara menarik seperti: workshop daur ulang sampah domestik dan menanam secara sederhana. 4. Saya berkesenian di bidang musik. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, seni musik memudahkan saya dalam menyampaikan pesan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan ekosistem. 5. Saya tertarik bertemu orang-orang baru dengan latar belakang budaya yang berbeda dari kebudayaan saya. Semoga dengan proyek ini, antara pelaku seni dan masyarakat yang dikunjungi bisa saling mengispirasi dan memberi dampak positif terhadap lingkungan ekosistem.

Masalah yang Diangkat

1. Fasilitas pendidikan anak-anak 2. Pemanfaatan lahan pertanian untuk budidaya 3. Kesadaran masyarakat menjaga lingkungan hidup

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

1. Terjalin komunikasi antara seniman dengan komunitas lokal. 2. Ada kegiatan berlanjut pada komunitas lokal dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan ekosistem. 3. Semakin banyak orang tahu tentang permasalah pendidikan dan pertanian yang dialami masyarakat NTT. 4. Ada orang yang tergerak berdonasi bagi pendidikan anak-anak Taman Daun, Nusa Tenggara Timur.

Dana Hibah

Rp.285 Juta