Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Agustien Virgin Hokey


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Media Sosial

https://www.facebook.com/iin.marten

Proyek


No. Formulir

893

Judul Proyek

Melestarikan Ragam Hias khas Poso melalui Kriya Batik

Lokasi Proyek

Sulawesi Tengah

Deskripsi Proyek

Berangkat dari keinginan untuk melestarikan budaya daerah dengan mengangkat kembali ragam hias warisan budaya khas Poso, yang mulai dilupakan oleh generasi sekarang. Kemudian ditambah dengan keinginan untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan membatik dengan ragam hias khas Poso kepada perempuan-perempuan usia produktif, dengan tujuan supaya perempuan-perempuan usia produktif bisa mengaktualisasikan dirinya melalui karya kriya batik dan diharapkan dapat menunjang ekonomi keluarganya. Adapun kegiatan yang akan dilakukan : 1. Mencari asal usul ragam hias Poso, yang ada kaitannya dengan suku Siak di Jambi 2. Mempelajari ragam hias khas Poso, motif dan pola hiasnya, serta makna karyanya. 3. Belajar kriya batik di Yogyakarta dan Solo(Sragen) 4. Pulang ke Tentena dapat mengaplikasikan ragam hias dengan teknik tutup celup(mambatik) dan menghasilkan produk kain batik yang berkualitas dan bernilai ekonomis sehingga dapat dipasarkan.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Ragam hias Poso sangat beragam dan bermakna, ini adalah kekayaan yang ingin dilestarikan supaya dikenal mulaindari Poso, Sulawesi dan bahkan Indonesia sebagai representasi kekayaan Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Generasi jaman sekarang banyak yang tidak lagi mengenali ragam hias daerahnya sendiri. Karena saya perempuan, saya ingin mengajak perempuan usia produktif untuk mulai juga berkarya kriya batik dan bernilai ekonomis, dengan tetap memgangkat ragam hias khas daerah Poso.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Kegiatan ini akan memghasilkan 10 orang perempuan usia produktif yang memahami pengetahuan tentang ragam hias khas Poso dan juga terampil mengaplikasikannya dalam kriya batik.

Dana Hibah

Rp.210 Juta