Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

891 - Perempuan dan Tradisi Seni Anyaman


Nama Inisiator

Dyah Nareswari

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

7 tahun

Contoh Karya

IMG_20160416_130444.jpg

Situs Web

Media Sosial

FB: Lidwina Nareswari dan Instagram : @she_rhyrhy

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Proyek ini akan mengangkat perjalanan dan perjuangan sosok perempuan asli Yogyakarta yaitu Cornelia Lina Meiliasari sebagai pengajar dan penggiat dalam bidang pendampingan para pengrajin kriya khususnya anyaman berbasis serat alam khas budaya tradisional di beberapa wilayah di Indonesia. Selain itu juga akan mengekplorasi berbagai jenis anyaman tradisional yang menjadi produk unggulan khas daerah untuk diperkenalkan ke permukaan agar dikenal oleh masyarakat luas sebagai sarana edukasi untuk menghargai proses, meningkatkan apresiasi seni, menghargai bagaimana anyaman tradisional itu berasal dan upaya kaum perempuan dalam membantu memutar roda perekonomian UKM serta dapat berpartisipasi dalam meningkatkan industri kreatif berbasis budaya.

Latar Belakang Proyek

Budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa negara, tak luput dari peran para perempuan di bidang kerajinan Nusantara terutama dalam mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya. Indonesia merupakan negara tropis yang sebagian besar wilayahnya diisi oleh hutan dan lautan. Hutan yang tersebar di banyak tempat di Indonesia tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengrajin yang didominasi oleh kaum perempuan. Hal ini lah yang dipahami dan ditekuni oleh Cornelia Lina Meiliasari dalam upayanya mempertahankan budaya tradisi seni anyaman para kaum perempuan di pelosok wilayah Indonesia untuk terus tetap berkarya. Perjalanan proyek tradisi seni anyam tradisional ini nantinya akan diwujudkan dalam bentuk buku dan dokumentasi pameran hasil karya produk anyaman khas daerah sekaligus guna untuk mengidentifikasi bahan baku, motif, teknik proses pembuatan dan fungsi produk kerajinan anyaman berdasarkan rasa ingin tahu, peduli lingkungan, rasa bangga dan wujud syukur kepada sang pencipta.

Masalah yang Diangkat

Menelusuri perjalanan budaya tradisi seni anyaman yang ditekuni oleh Cornelia Lina Meiliasari sebagai pengajar dan pendamping di bidang kriya anyaman ini untuk membantu dalam meningkatkan harkat martabat kaum perempuan dan meningkatkan nilai seni budaya tradisi kerajinan khas asli daerah-daerah di Indonesia sebagai upaya pelestarian budaya tradisi anyaman yang memiliki daya cipta produk berkualitas dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Sehingga harapannya melalui hibah ini dapat mewujudkan gagasan proyek ini dlaam sebuah karya buku dan pameran tentang perjalanan dan perjuangan Cornelia Lina Meiliasari dalam mendampingi para pengrajin perempuan khususnya kerajinan anyaman khas asli Indonesia.

Indikator Sukses

Keberhasilan proyek ini dapat menjadi media edukatif dan apresiasi terhadap budaya, kerajinan lokal dengan mendapat perhatian dan kepedulian dari berbagai pihak untuk terus mendorong peran serta kaum perempuan sebagai pengrajin dan generasi muda dalam melestarikan adat tradisi kriya di Indonesia.

Lokasi

Sumatera, Yogyakarta, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.40 Juta

Durasi Proyek

9 bulan