Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

884 - Perkembangan Arsitektur Lansekap Dunia & Dampak Di Indonesia


Nama Inisiator

Ir.Jusna J.A. Amin, Phd

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

18 tahun

Contoh Karya

Jusna_CoverBk_MALN.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Penyusunan & penerbitan buku tentang perkembangan Arsitektur Lansekap Dunia dan Dampaknya di Indonesia. Dimulai dari pengumpulan bahan, penyusunan naskah dan illustrasi dan penerbitannya.

Latar Belakang Proyek

Arsitektur Lansekap adalah ilmu, seni dan profesi tentang hubungan manusia dan alam secara estetis dan fungsional. Diawali pengalaman mengajar dan praktek kerja di bidang arsitektur lansekap yang menyadarkan bahwa perlu adanya buku sebagai referensi yang baik untuk memberi gambaran & pemahaman yang benar dan berkualitas pada masyarakat tentang apa dan bagaimana perkembangan ilmu, seni dan profesi Arsitektur Lansekap di dunia dan bagaimana pengaruhnya di Indonesia. Dengan demikian akan membantu masyarakat mengenal dan memahami apa manfaatnya dalam mengantisipasi,menghadapi, memitigasi dan mengatasi atau berbagai masalah hubungan manusia dan alam, umpamanya peristiwa banjir, longsor, tsunami, dsb. atau penciptaan ruang-ruang taman dan park untuk kenyamanan, kesehatan, kebersihan dan keindahan bagi kehidupan manusia yang berkeadaban yang memperhatikan keunikan alam dan budaya etempat serta kearifan lokal yang ada.

Masalah yang Diangkat

1. Masalah kurangnya pemahaman pembuat keputusan (Pemerintah) di Indonesia tentang arsitektur lansekap khususya masalah 'Dimana Tidak Boleh Membangun' dalam menyusun Undang-Undang atau peraturan terkait ruang kehidupan untuk manusia di bumi Nusantara sehingga kerap menyalahi nilai-nilai keselamatan dan keserasian manusia & alam yang berakibat bencana alam seperti: longsor, banjir, gempa bumi, dll. serta kurang memadainya ketersediaan ruang terbuka hijau yang pantas untuk kehidupan yang manusiawi dan berkeadaban. Keberadaan buku ini akan membantu menumbuhkan kepahaman itu. 2. Perlunya mengisi literatur bidang ini untuk pendidikan masyarakat & lembaga pendidikan terkait, agar mempunyai referensi/buku yang berkualitas.

Indikator Sukses

1. Terjadinya penerbitan Undang-Undang & Peraturan terkait perawatan alam & budaya berdasar kepahaman kaidah arsitektur lansekap sehingga membantu semakin berkurangnya terjadi bencana alam dan bencana estetika lingkungan lansekap. 2. Kehidupan masyarakat menjadi lebih, sehat, gembira dan berkualitas dengan menyadari keunikan daerah sendiri/identitas lokal dengan tersedianya ruang terbuka hijau yang memadai dan bermutu. 3. Tersedianya literatur yang baik di bidang Arsitektur Lansekap sehingga pemahaman dan pemanfaatannya bisa optimal.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.125 Juta

Durasi Proyek

7 bulan