Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

870 - Membuat Aneka Kreasi Batik Celup yang di padu dengan Rajutan


Nama Inisiator

Sugi Hartati

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

DSCN0227.JPG

Situs Web

http://www.bundasugi.com/2015/02/aneka-sandal-rajut-karya-bunda-sugi.html | http://gasanistore.co.id/kategori-produk/fashion/

Media Sosial

https://www.facebook.com/sugi.hartati.9

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Proyek yang ingin saya kerjakan adalah berupa kerajinan dari batik celup yang digabung dengan rajutan. Tentang rajutan saya sudah lama berkecipung dengan usaha ini. Selama ini saya membuat berbagai macam sandal rajut, tas, dompet, serta aneka kerajinan rajut lainnya. Sebagai warna negara Indonesia saya ingin mengembangkan kesenian batik yang juga merupakan warisan nenek moyang. Jika selama ini batik sudah banyak sekali yang mengembangkannya, saya ingin menciptakan kreasi unik lainnya, yaitu memadukan batik celup dengan rajutan. Rencananya saya akan membuat berbagai macam produk fashion: tas, dompet, dan sandal, serta aneka kreasi lain, seperti souvenir, dll. Rencananya saya akan mengajak para perempuan disekitar lingkungan saya untuk bisa ikut melestarikan batik melalui karya-karyanya.

Latar Belakang Proyek

Selama ini saya telah menggeluti bisnis rajutan dengan tenaga saya sendiri. Sebetulnya banyak sekali permintaan dengan karya rajutan ini, namun karena keterbatasan dana, maka banyak permintaan pesanan yang saya tolak. Demikian pula dengan kreasi batik celup saya. Saya tak berani untuk mempublish karya saya, karena khawatir tidak mampu memenuhi permintaan. Sehingga batik yang saya buat hanya terbatas untuk keperluan sendiri. Harapan saya jika ada dana yang bisa saya gunakan, saya akan mengajak kerjasama ibu-ibu maupun remaja putri disekitar lingkungan untuk bisa berkarya seperti saya.

Masalah yang Diangkat

Saya melihat banyak para ibu-ibu maupun remaja putri yang tidak memiliki kegiatan yang berarti disekitar lingkungan saya. Mereka memiliki waktu luang banyak yang belum digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Melalui karya batik rajut ini saya ingin mengajak para perempuan itu untuk bisa lebih kreatif dan mampu menggunakan waktunya dengan baik untuk berkarya. Saya ingin membuat sesuatu yang bisa mencitrakan ke Indonesiaannya, yaitu batik rajutan.

Indikator Sukses

Jika saya sudah berhasil mengajari para ibu-ibu dan remaja putri untuk merajut serta membatik, dan mereka mampu membuat sebuah karya seni. Pembelajaran ini harus intensif karena mereka harus sampai membuat karya seni yang memiliki nilai jual tinggi. Setelahnya saya akan mewadahi hasil karya mereka yang akan saya posting dalam web saya www.gasanistore.com serta media penjualan offline/ online lainnya.

Lokasi

Sidoarjo Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

5 bulan