Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

861 - The Wonderful Batik of Banyumas


Nama Inisiator

Diyah Wara Restiyati

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

Chiouthau53.JPG

Situs Web

www.diyahwararestiyati.wordpress.com, http://www.kompasiana.com/didy/59c279ec4d11b773bb41e242/indahnya-batik-banyumas, https://www.kompasiana.com/didy/59f6aec38dc3fa14f6422252/rempah-berharga-dari-nusantara-yang-terlupakan, https://www.kompasiana.com/didy/5a7ad6d65e13734c3b3f6e12/menelisik-tenun-tanimbar,

Media Sosial

instagram @waradiyah, facebook : diyahwara

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Project ini merupakan penelitian mengenai batik Banyumas, Jawa Tengah, dengan metode antropologi. Penelitian ini akan dibukukan menjadi buku antropologi visual dengan bahasa populer.

Latar Belakang Proyek

Batik Banyumas memiliki kekhasan tersendiri, dengan motif-motif yang tidak ditemukan di tempat lain. Dipengaruhi oleh batik dari Solo dan Yogyakarta, namun batik Banyumas juga dipengaruhi oleh Batik Pesisir seperti Pekalongan karena akulturasi yang terjadi di Banyumas, dimana suku Jawa dan Tionghoa tidak berbeda, dan membaur serta berakulturasi secara alami. Akulturasi tersebut tergambar dalam batik Banyumas.

Masalah yang Diangkat

Pelestarian Batik Banyumas sudah sering di angkat untuk dijadikan seragam pegawai pemerintahan Banyumas, namun sayangnya literasi atau buku mengenai Batik Banyumas yang berdasarkan penelitian mendalam mengenai sejarah, makna, filosofi dan kehidupan para pembatik nya belumlah ditemukan. Penelitian ini akan mengangkat mengenai Batik Banyumas dari perspektif Antropologi. Buku ini diharapkan menjadi standar bagi semua pihak yang peduli dengan pelestarian Batik Banyumas.

Indikator Sukses

Adanya data-data yang bisa dituliskan untuk dimasukkan ke dalam sebuah buku.

Lokasi

Banyumas, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.100 Juta

Durasi Proyek

3 bulan