Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

841 - PENELITIAN DAN PENULISAN KAMUS BUDAYA BANJAR


Nama Inisiator

IDA KOMALA SARI, M.PD. HJ.

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

2 Tahun

Contoh Karya

302-545-1-SM.pdf

Situs Web

https://scholar.google.co.id/citations?user=qNHG__sAAAAJ&hl=en

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

menginvetarisasi istilah-istilah lokal Banjar khususnya bidang istilah pertanian dan perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, kerajinan, rumah dan peralatan rumah tangga, dan memberikan pemaknaan padanya dan menyusunnya dalam bentuk Kamus Budaya Banjar sebagai upaya untuk melestarikan pengetahuan dan pemahaman Banjar masyarakat Banjar Kalimantan Selatan terhadap budaya tradisional Banjar yang semakin ditinggalkan akibat tergerus oleh kemajuan zaman.

Latar Belakang Proyek

Masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan dewasa ini telah banyak mengalami kemajuan di berbagai bidang kehidupan sebagai dampak pembangunan dan akibat dari pengaruh globalisasi terutama informasi dan komunikasi. Kemajuan terlihat nyata dari adanya pergeseran budaya dari budaya lama atau budaya perdesaan ke arah budaya kota (urban culture) yang modern. Munculnya budaya kota yang menggeser budaya perdesaan pada masyarakat Banjar tidak terlepas dari perubahan orientasi kehidupan masyarakat dan kebudayaan pertanian tradisional ke arah kebudayaan modern atau kebudayaan urban yang berbasis pada kegiatan industri perdagangan yang mementingkan aspek komersial. Pergeseran budaya ini di satu sisi memang berdampak positif yakni adanya pengayaan, pengembangan, atau penyerapan unsur budaya baru yang berdampak kepada kemajuan peradabannya. Akan tetapi, di sisi lain pergeseran itu juga mengakibatkan semakin ditinggalkannya budaya lokal dan tradisional. Akibatnya, tentu saja pengetahuan dan pemahaman masyarakat Banjar terhadap budayanya menjadi semakin berkurang. Misalnya, pengetahuan dan pemahaman terhadap sistem mata pencaharian hidup, sistem teknologi, kearifan tradisional, dan konsep-konsep lokal dalam budaya Banjar, dan kekayaan keanekaragaman hayati dan non hayati di berbagai bidang atau sektor seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, kerajinan, kehidupan sungai, dan rumah tangga.

Masalah yang Diangkat

Meneliti dan menyusun istilah budaya Banjar yang berhubungan dengan bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, kerajinan, rumah dan peralatan rumah tangga.

Indikator Sukses

1. Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah 2. Diterbitkannya kamus budaya Banjar yang lengkap

Lokasi

Kalimantan Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.266.462500 Juta

Durasi Proyek

7 bulan