Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

838 - Ladang dan Dokumentasian tanaman tradisional Orang Rimba


Nama Inisiator

Saur Marlina Manurung

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

19 tahun

Contoh Karya

Sokola Rimba - Butet Manurung_3.mp4

Situs Web

www.sokola.org

Media Sosial

@sokolainstitute dan @butet_manurung (instagram), sokolarimba dan saurmarlinamanurung (facebook), manurungbutet (twitter)

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Pendokumentasian dan pembuatan ladang mini percontohan tanaman adat dan obat-obatan tradisional Orang Rimba uuntuk pelestarian dan untuk dibagikan ilmunya kepada khalayak umum melalui ahli kesehatan yang menerapakan penelitiannya secara metodologis.

Latar Belakang Proyek

Mengumpulkan para tetua adat rimba dan kaum muda kembali membicarakan hal ini. Dulu ini pernah didiskusikan, tetapi tidak ada sumber daya (berhubung Orang Rimba cara hidupnya subsisten, harus selalu mencari makan (berburu dan berladang) setiap hari, sehingga tidak ada waktu dan resources untuk ini)

Masalah yang Diangkat

Hutan semakin habis oleh berbagai tekanan dari dunia luar (ekspansi sawit, perladangan dunia luar, perburuan binatang langka, penebangan hutan, pemukiman transmigrasi dan lain-lain. Orang Rimba semakin kesulitan mencari tanaman-tanaman yang biasa dipakai sehari-hari maupun sebagai bagian dari ritual dalam siklus kehidupannya. Orang Rimba tidak melakukan vaksinasi, cara mempertahankan diri dari penyakit dari luar sangat dpengaruhi oleh kualitas hutan yang baik serta ketersedian tanaman obat dan tradisional serta madu hutan yang terjamin. Proyek ladang percontohan ini akan menjadi "apotik" bagi komunitas rimba. jika ini berhasil, semoga dapat direplikasi oleh komunitas rimba lainnya di kawasan hutan Bukit Duabelas maupun komunitas adat lainya di Indonesia. Kami juga akan melibatkan para ahli secara sains, dalam hal ini ahli agroforestry dan ahli kesehatan (biolog, analis maupun dokter)

Indikator Sukses

Adanya dokumentasi fisik dan lengkap dari tanaman tradisional dan obat-obatan yang dimiliki turun-temurun oleh Orang Rimba dan hampir punah. Akan mengundang orang dari pihak kedoteran untuk mengidentifikasi tanaman tersebut.

Lokasi

Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Merangin, Propinsi Jambi

Dana yang Dibutuhkan

Rp.450 Juta

Durasi Proyek

9 bulan