Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

829 - ILUSTRASI BUKU CERGAM KISAH RAKYAT DUA PUTRI CAHAYA LAMPUNG


Nama Inisiator

Septi Asri Finanda, S.Pd., M.Sn

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

Pernah mengikuti pameran seni visual sejak tahun 2014 - 2017 di Yogyakarta, diantaranya: PUSPA PIRATA “sekar ngilmu” (2017), Nandur Srawung #2, Batik Klasik (2015), “Friendship of D’nyon2 n’ D’nyin2” (2014).

Contoh Karya

ILUSTRASI KARAKTER DNYONNYIN

Situs Web

id.pinterest.com/dnyonnyin/ & https://septiasrifinanda.wordpress.com

Media Sosial

@dnyonnyin

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Perancangan ilustrasi buku cerita bergambar (cergam) kisah rakyat dua putri cahaya Lampung dimana dalam proses pencarian data verbal dan data visual terkait cerita/kisah rakyat ini akan melibatkan beberapa narasumber untuk mendapatkan kejelasan informasi, pendokumentasian secara visual unsur - unsur pendukung karakter putri sinar kaca dan putri sinar alam (dua putri cahaya) yang berasal dari Lampung.

Latar Belakang Proyek

Membaca buku INDONESIA BERCERITA kisah - kisah rakyat yang terlupakan ditulis oleh Yoana Dianika, Redy Kuswanto, Ruwi Meita, dan kawan - kawan yang terbit pada tahun 2017 kemarin. Ada satu cerita yang menarik perhatian saya pada buku tersebut, salah satunya kisah dua putri cahaya yang berasal dari Lampung, tanah kelahiran saya yang ditulis oleh Ida Refliana. Lahir dan besar di Lampung selama 18 tahun saya tidak mengenal cerita rakyat dua putri cahaya tersebut hingga saat ini saya berusia 30 tahun dimana selepas usia 18 saya tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surabaya. Saya baru mengetahui bahwa begitu banyak cerita rakyat/kisah - kisah rakyat yang terlupakan ketika saya membaca buku tersebut. Ternyata banyak cerita rakyat yang belum begitu saya ketahui. Terkait dengan judul proyek ILUSTRASI BUKU CERGAM KISAH RAKYAT DUA PUTRI CAHAYA LAMPUNG, bagaimana merancang cerita bergambar (cergam) yang komunikatif dan efektif. Media cergam sebagai media komunikasi visual yang tepat untuk menceritakan kisah dua putri cahaya dalam upaya melestarikan salah satu cerita rakyat dari Lampung, Indonesia terutama untuk generasi muda.

Masalah yang Diangkat

Indonesia dulu disebut dengan Nusantara, kaya ragam budaya dan etnis. Banyak cerita dan legenda yang berkembang di masyarakat, disampaikan dari lisan ke lisan (word of mouth). Ada sebagian cerita rakyat yang sudah terkenal, namun masih banyak sekali cerita/kisah rakyat yang selama ini tidak diketahui banyak orang. Masalah yang diangkat dalam proyek yang saya ajukan ini adalah belum adanya visualisasi cerita yang dapat membantu mempermudah daya ingat dalam mengidentifikasi cerita/kisah rakyat DUA PUTRI CAHAYA LAMPUNG.

Indikator Sukses

Melalui proses pencarian data verbal dan data visual mengenai cerita rakyat dua putri cahaya dari Lampung. Melakukan tinjauan terkait dengan buku cerita bergambar sejenis dan dilakukan analisis. Teknik perancangan ILUSTRASI BUKU CERGAM KISAH RAKYAT DUA PUTRI CAHAYA LAMPUNG menggunakan teknik digital. Dimana hasil perancangan ilustrasi buku cergam kisah rakyat dua putri cahaya Lampung yang pertama, proyek ini mengangkat kebudayaan Lampung. Kedua, cerita bergambar ini sarat dengan pesan moral, etika, spiritualitas dan kearifan lokal (kesenian, kerajinan hingga kuliner) Lampung. Ketiga, dengan adanya buku cerita bergambar dua putri cahaya Lampung ini diharapkan dapat memperkenalkan serta menginformasikan kembali kisah - kisah rakyat INDONESIA, salah satunya dari Lampung yang dapat menginspirasi siapapun untuk terus dilestarikan, mengingatkan kita pada identitas diri Bangsa Indonesia.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.35 Juta

Durasi Proyek

7 bulan