Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

821 - Perempuan Perupa Indonesia


Nama Inisiator

Rini Maulina

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

10 tahun

Contoh Karya

Karya Porto Rini Maulina.pdf

Situs Web

http://www.galerisemarang.com/exdetails.php?ex=24, http://www.harianjogja.com/baca/2011/07/15/artjog-2011-229306, https://m.tempo.co/read/news/2011/03/12/114319544/pameran-shared-contemporary-archeology

Media Sosial

IG @rinimaulina

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Dalam proyek ini saya akan melakukan riset mengenai keberadaan perempuan perupa di Indonesia. riset tersebut dikhususkan pada perempuan perupa yang berkiprah di bidang seni lukis. Riset dilakukan terhadap perempuan perupa yang berkiprah di kota-kota yang dikenal aktif dalam dunia kesenirupaan khususnya seni lukis. kota yang dicakup dalam proyek riset ini adalah Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya dan Bali. hasil riset tersebut akan didiseminasikan dalam bentuk penerbitan buku dan pembuatan website. riset yang dilakukan terdiri dari : 1. Pendataan eksistensi perempuan perupa 2. Pendataan biodata dari masing-masing perempuan perupa 3. Pendataan karya dari perempuan perupa.

Latar Belakang Proyek

Proyek riset terinspirasi dari minimnya sumber data dalam bentuk tulisan baik itu buku maupun website yang membahas khusus mengenai perempuan perupa di Indonesia. Dengan adanya buku dan website memberikan perspektif baru pada masyarakat secara luas tentang keberadaan perempuan perupa di Indonesia. Selain itu juga memfasilitasi adanya kolaborasi dan dialog gagasan dan praktik seni antara perempuan perupa lintas generasi dan lintas budaya. Sejauh ini buku yang dikenal mengenai perempuan perupa yang ditulis oleh penulis Indonesia seperti, penulis Carla Bianpoen berjudul "Indonesian Women Artist" dan penulis Ira Adriati berjudul "Mencari Perempuan Perupa di Dunia". Buku tersebut belum secara konprehensif membahas perempuan perupa di Indonesia. Sementara di dunia internasional banyak sekali buku seni yang mengulas keberadaan perempuan perupa seperti buku 'The Dictionary of British Women Artist ", "Broad Strokes, 15 Women who Made Art and Made History", dan "Women Making Art". Hal tersebut menjadikan saya memiliki gagasan untuk menulis buku melalui riset mengenai perempuan perupa di Indonesia. karena keterbatasan waktu, buku yang akan di tulis dibatasi hanya pada perempuan perupa yang berkiprah di beberapa kota besar di Indonesia. Dengan terealisasinya proyek ini diharapkan dapat mengangkat eksistensi perempuan perupa di Indonesia juga dapatmeningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perempuan perupa di Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangkat yaitu minimnya media informasi seperti buku dan website yang membahas perempuan perupa di Indonesia. minimnya ketersediaan data mengenai perempuan perupa di Indonesia memiliki pengaruh yang besar terhadap eksistensi perempuan perupa Indonesia. hal tersebut menggambarkan rendahnya pengakuan terhadap eksistensi perempuan perupa Indonesia. Selain itu ketidaktersediaannya informasi mengenai perempuan perupa Indonesia mengakibatkan rendahnya pengetahuan yang didapat oleh masyarakat.

Indikator Sukses

1. Buku direview penerbit 2. Soft Launching Website

Lokasi

Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

9 bulan