Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

783 - Riset, Penulisan Naskah, dan Pertunjukan Teater Monolog


Nama Inisiator

Sha Ine Febriyanti

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

26 tahun (1992 – 2018)

Contoh Karya

CND_TheJakartaPost2018.jpg

Situs Web

Media Sosial

IG @shainefebriyanti_

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Proyek ini sebuah proses pra produksi dari riset, survey lokasi, penulisan naskah teater dan/atau film yang didasari kisah nyata di Aceh dan diolah ke dalam bentuk fiksi, workshop, persiapan produksi, pencarian/pemilihan talent hingga pentas teater monolog.

Latar Belakang Proyek

Musibah yang menggoncang kehidupan seseorang baik itu karena konflik, bencana alam, pertikaian dan lain - lain, akan meninggalkan trauma pada diri korban dan keluarganya. Tak ada seorang pun di muka bumi ini yang mengharapkan diri maupun keluarganya terkena musibah yang memisahkan anggota keluarga satu dengan yang lain. Kehilangan orang terkasih akan berdampak pada kondisi kejiwaan dan psikis orang yang ditinggalkan. Seberapa besar dampak yang ditimbulkan, tergantung seberapa siap/kuat dirinya menerima goncangan hidup yang terjadi secara mendadak. Pernahkah kita bertanya pada mereka yang menjadi korban khususnya anak - anak yang lahir dan besar saat terjadi konflik itu? Bagaimana perasaan mereka, bagaimana mereka mengatasi rasa sakit kehilangan, luka, dan beban yang mereka hadapi? Bagaimana mereka keluar dari trauma?

Masalah yang Diangkat

Teater dan/atau film ini akan mengangkat dan menjelaskan trauma yang dialami oleh korban konflik Aceh lewat diri seorang anak kecil yang melihat ibunya dibunuh di depan matanya. Tak ada yang menyadari bahwa anak yang waktu itu masih balita akan membawa luka berkepanjangan di dalam dirinya. Sepintas dia seperti anak - anak lain yang tumbuh dengan riang namun di satu sisi, si anak lebih sering menyendiri dan lebih senang berbicang dengan ternak kesayangannya dan tanaman di sekitarnya. Dalam kesendiriannya, di waktu - waktu bermainnya yang banyak dihabiskan di sekitar tempat - tempat bersejarah yang tak jauh dari tempat tinggalnya; dia menemukan sosok ibu yang dirindukannya. Sosok yang lahir dari imajinasinya, sosok yang selalu hadir menemaninya saat bermain yang dengannya dirinya dapat berbincang dan yang menumbuhkan semangat baginya untuk melakukan perubahan dan menyembuhkan lukanya.

Indikator Sukses

Kesiapan materi, ketajaman, dan kuatnya permasalahan serta proses keluar dari masalah yang akan diangkat yang bisa mengajak penonton terbawa ke dalam jalan cerita teater/film. Selain sebagai media untuk kampanye, karya ini akan diikutkan ke beberapa festival.

Lokasi

Aceh, Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.450 Juta

Durasi Proyek

8 bulan