Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Nur Syamsina Saleh


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

selama 3 tahun menekuni handycraft, pernah menjadi pengajar handycraft & home industry di rumah detensi Imigran 2016-2017, instruktur handycraft pada The International Women’s Exhibition & Celebes Fashion Week 2016

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

IG : inamisssunshine

Proyek


No. Formulir

771

Judul Proyek

Kelas Craft Anak

Lokasi Proyek

Makassar, Sulawesi Selatan

Deskripsi Proyek

Inti dari proyek ini adalah memberikan kontribusi kepada anak-anak jalanan, kurang mampu, penghuni rumah singgah (karena sakit) di Kota Makassar sehingga mereka mampu menjalani hidup secara mandiri. Proyek ini berkolaborasi dengan beberapa komunitas sosial dan komunitas craft di Kota Makassar. 1. Workshop craft & art Target peserta : 20 orang/pertemuan dengan jumlah pertemuan 2 kali sebulan selama 3 bulan dengan total 6 kali workshop (tiap workshop berbeda jenis craft yang di ajarkan), 2 bulan perampungan dan persiapan pameran 2. Pameran Hasil workshop akan ditampilkan dalam pameran yang akan diadakan selama satu hari, dengan persiapan selama 1 bulan, hasil karya peserta akan dilelang/dijual. Hasil penjualan akan diberikan sepenuhnya kepada pembuat karya.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Anak jalanan merupakan masalah sosial yang menjadi fenomena menarik dalam kehidupan bermasyarakat. Kita bisa menjumpai anak - anak yang sebagian besar hidupnya berada di jalanan di berbagai titik pusat keramaian di kota besar, seperti di pasar, terminal, stasiun, traffic light, pusat pertokoan, dan sebagainya. Kehidupan jalanan mereka terutama berhubungan dengan kegiatan ekonomi, antara lain mengamen, mengemis, mengasong, kuli, loper koran, pembersih mobil, dan sebagainya. Kejadian tersebut merupakan fenomena gunung es yang membutuhkan penanganan serius karena meledaknya jumlah anak jalanan. Untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh fenomena tersebut, salah satu cara untuk mengalihkan seperti mengajak mereka mengenal seni dan craft. Seni merupakan suatu kegiatan yang tak terstruktur sehingga bisa mengeksplorasi imajinasi, sedangkan Craft melibatkan kegiatan terstruktur dengan tujuan spesifik atau membuat sesuatu. Manfaat craft secara umum adalah untuk melatih koordinasi otak dan tangan, melatih kemampuan motorik, mengasah kontrol diri dan kesabaran, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan imajinasi dan ekspresi diri, belajar lebih fokus dan mengasah kemampuan menyelesaikan masalah, sehingga pada akhirnya mereka bisa menjadi lebih mandiri.

Masalah yang Diangkat

Perkembangan zaman dan permasalahan perkotaan yang semakin kompleks membawa dampak negatif tersendiri bagi sebagian masyarakat. Salah satu “korban” dari permasalahan ini adalah anak-anak. Kemiskinan memaksa beberapa anak untuk bekerja demi membantu keluarga. Namun, karena kurangnya keterampilan yang memadai, mereka terpaksa “bekerja” di jalanan yang membuat mereka rentan terhadap kekerasan. Kemiskinan juga menyebabkan anak-anak dengan penyakit serius, seperti kanker, memiliki akses yang terbatas terhadap pelayanan kesehatan yang nyaman. Ditambah beban psikologis orang tua menjadikan mereka rentan terhadap stress yang akan menghambat proses penyembuhan.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

1. Dapat menampung semua anak jalanan, kurang mampu dan penghuni rumah singgah untuk mempelajari craft dan art sehingga dapat membantu perekonomian mereka lebih baik lagi 2. Nilai penjualan saat pameran yang tercapai sesuai dan atau melebihi target. 3. Terciptanya ruang kerja dan bermain bagi anak-anak yang harus bekerja demi perbaikan ekonomi tanpa harus kembali ke jalan dan menikmati masa tumbuh mereka.

Dana Hibah

Rp.70 Juta