Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

756 - MPFor (Musik Psikologis For Everyone)


Nama Inisiator

Chamelia

Bidang Seni

audiovisual

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Musik merupakan karya seni yang dapat menyuarakan isu atau tema kepada masyarakat luas. Musik juga menjadi aktivitas yang mempertemukan musisi perempuan dan korban perempuan. Pertemuan ini merupakan cara untuk membawa isu atau suara perempuan korban melalui musik kepada masyarakat luas. Proyek ini adalah program kegiatan yang dikerjakan dengan berkolaborasi antara musisi dan sinematografer. Musisi yang dilibatkan adalah musisi perempuan yang menyusun konsep musik, membuat karya baru musik yang akan dipertunjukkan secara langsung di tempat-tempat sasaran dan dibawa ke masyarakat luas. Sementara itu, proses pertemuan antara perempuan korban dan musisi perempuan hingga menghasilkan karya, akan dididokumentasikan oleh sinematografer perempuan. Hasil kolaborasi ini dapat digunakan sebagai bahan edukasi dan advokasi kepada publik.

Latar Belakang Proyek

Perempuan yang berada di balik Jeruji Besi, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Aman dan Panti Jompo, selama ini luput dari perhatian publik. Mereka distigma sebagai perempuan yang jahat, tidak rasional, dipersalahkan sebagai korban, sehingga posisi mereka tetap dianggap sebagai warga negara kelas dua dan diperlakukan secara diskriminatif. Relasi kuasa yang timpang kerap menjadi pemicu isu dan suara mereka menjadi tidak diperhitungkan untuk diangkat. Apalagi, perempuan yang melakukan tindakan kriminal, korban kekerasan dan perempuan usia lanjut cenderung diabaikan oleh negara. Ini mengakibatkan banyaknya perempuan yang mengalami tekanan dan putus asa dalam menjalani hidup karena sangat sedikit yang mempedulikan suara mereka. Apalagi, mereka belum tersentuh oleh seni yang bisa menjadi jalan keluar atas apa yang menimpa mereka. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya proyek ini. Musik merupakan salah satu seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia. Musik adalah mengolah nada dan atau suara dengan konsep dan tehnik tertentu menjadi harmoni yang indah. Musik akan bermanfaat bagi siapa saja yang mendengarkannya. Ketika musik diterapkan menjadi sebuah aktivitas, musik dapat mengubah emosi dan perasaan. Musik memiliki kekuatan untuk membawa mengangkat isu yang ingin disampaikan ke publik.

Masalah yang Diangkat

Kebanyakan perempuan yang berada di tempat sasaran tidak mempunyai kekuatan untuk bersuara. Sementara di sisi lain, Selama ini, musik hanya digunakan di tempat sasaran sebagai metode dalam terapi penanganan penyembuhan dan hiburan. Musik, belum dilirik sebagai alat untuk menyampaikan suara perempuan yang berada di tempat sasaran. Perempuan inilah yang menjadi kelompok sasaran proyek ini.

Indikator Sukses

1. Para musisi menciptakan karya musik dari hasil interaksi dengan kelompok sasaran di tempat sasaran. 2. Karya musik diperdengarkan kepada masyarakat luas. 3. Karya dokumenter perjalanan yang dapat dipertontonkan. 4. Program ini dapat diaplikasi di kota-kota / tempat sasaran lain.

Lokasi

Aceh, Jogja, Makasar, Bali (RS Jiwa/ Panti Jompo/ Rumah Aman/ Lapas Perempuan)

Dana yang Dibutuhkan

Rp.300 Juta

Durasi Proyek

9 bulan