Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

747 - Menjadi tamu di Kampung Bajo


Nama Inisiator

Retno Sayekti Wisik Lawu Purbo Utami

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

13 tahun

Contoh Karya

foto1.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Melakukan perjalan ke Kampung Bajo Mantigola - Wakatobi. Pada kesempatan hibah ini saya mengajukan proyek perjalanan kembali ke Kampung Bajo Mantigola. Pada perjalanan ini saya rencanakan mengajak serta Reni Kistiyanti, yang sudah bertahun-tahun terlibat dalam proses teater saya sebagai aktor maupun menangani wilayah produksi. Berharap perjalanan ini akan menambah wawasan kami, mengenal perempuan anak laut yang luar biasa, dan bisa menjadi inspirasi kami untuk penciptaan karya berikutnya. Juga kami akan melakukan pendokumentasian sederhana, dalam bentuk catatan perjalan dan dokumentasi visual.

Latar Belakang Proyek

Pada bulan November 2014, saya berkesempatan ikut satu ekspedisi ke Wakatobi selama dua minggu. Ekspedisi tersebut diselenggarakan oleh WWF Indonesia bekerja sama dengan Rujak Center for Urban Studies. Saya ditempatkan di Pulau Kaledupa (Kahedupa menurut warga setempat). Dekat dengan Pulau Kaheduap, ada satu kampung anak laut, Suku Bajo Mantigola, sekitar 15 menit perjalanan air dari Kaledupa. Tinggal selama sepuluh hari di Kaledupa dengan beberapa aktifitas, membuat saya berkesempatan berkunjung ke kampung Bajo Mantigola dua kali. Berkaitan dengan ekspedisi yang saya ikuti, saya berinteraksi langsung dan melakukan aktifitas bersama anak-anak di sana. Persinggungan dengan para perempuan di sana hanya sebatas bertukar sapa dan saling senyum. Saya menyimpan ingatan yang dalam tentang kampung tersebut, dan berangan-angan satu saat dapat kembali ke sana, bekenalan dengan para perempuan Bajo, dan belajar pada mereka.

Masalah yang Diangkat

Perjalanan ke Wakatobi dan tinggal di sana sekurang-kurangnya selama 10 hari adalah keinginan, yang sampai saat ini belum terlaksana karena masalah finansial pribadi. Dukungan finansial saya butuhkan untuk mewujudkan keinginan ini. Karena kendala bahasa, akan ada biaya tambahan untuk penerjemah.

Indikator Sukses

Berhasil melakukan perjalanan ke Kampung Bajo Mantigola dan mempunyai catatan perjalanan serta dokumentasi visual.

Lokasi

Kampung Suku Bajo Mantigola, Wakatobi

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

1 bulan