Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

738 - Kartini Tiga Generasi


Nama Inisiator

MY. NING YULIASTUTI

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

41 tahun

Contoh Karya

ning yuliastuti.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Saya berencana memberikan pelatihan seni lukis kepada anak-anak panti asuhan Karuna Putri Surakarta yang terdiri dari wanita dengan berbagai lintas generasi sehingga mampu menghasilkan karya seni lukis baik individu maupun karya kolaborasi yang nantinya karya-karya tersebut akan dipamerkan dengan tajuk "Kartini Tiga Generasi" dan dilelang sebagai bentuk kegiatan sosial. Dana yang didapat dari hasil lelang tersebut akan disumbangkan untuk panti asuhan Karuna Putri dalam menunjang kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan keterampilan dan berkesenian siswa. Diharapkan dengan berkembangnya skill berkesenian siswa di panti asuhan Karuna Putri dapat berwirausaha di bidang kesenian atau industri kreatif dengan berbekal skill yang dimiliki.

Latar Belakang Proyek

Siawa di Panti Asuhan Karuna Putri terdiri dari 22 wanita dengan berbagai lintas generasi. Beberapa diantaranya adalah siswa TK, SD, dan SMK. Sejauh ini belum pernah ada kegiatan yang mengarah pada kegiatan berkesenian khususnya Seni Rupa, oleh karena itu diperlukan kegiatan untuk mengembangkan keterampilan dalam berkesenian khususnya Seni Lukis bagi siswa di Panti Asuhan Karuna Putri sebagai bekal agar siswa dapat berwirausaha di bidang kesenian atau industri kreatif dengan berbekal skill yang dimiliki.

Masalah yang Diangkat

Era disrupsi mengharuskan setiap individu harus berkompetisi untuk bisa menang atau sukses dalam sebuah pekerjaan atau bisnis. Realita yang ada saat ini adalah terbatasnya lapangan kerja dan persaingan yang sangat ketat untuk bisa memenangkan pasar. Seni dan industri kreatif memegang peluang yang besar dalam sektor usaha, oleh karena itu pengenalan akan Seni Rupa khususnya Seni Lukis menjadi sangat penting bagi wanita di berbagai lintas generasi agar dapat berkesenian dan mandiri melalui karya-karya yang dihasilkan. Mandiri dapat diartikan memiliki jiwa wirausaha di bidang kesenian atau industri kreatif dengan berbekal skill yang dimiliki.

Indikator Sukses

Siswa memiliki keterampilan Seni Lukis baik individu maupun kolaborasi dan karya yang dihasilkan layak untuk dipamerkan dan layak untuk dilelang. Karya-karya tersebut akan dipamerkan dengan tajuk "Kartini Tiga Generasi" dan dilelang sebagai bentuk kegiatan sosial. Dana yang didapat dari hasil lelang tersebut akan disumbangkan untuk panti asuhan Karuna Putri dalam menunjang kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan keterampilan dan berkesenian siswa.

Lokasi

Surakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.250 Juta

Durasi Proyek

9 bulan