Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

737 - Fleurify Handmade Flower Studio


Nama Inisiator

NATURA KUSUMA DEWI

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

1 tahun 8 bulan

Contoh Karya

C6F63237-F815-4E03-AFE7-937C2B2D8C00.jpeg

Situs Web

Www.instagram.com/fleurify_

Media Sosial

instagram @fleurify_

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Proyek ini merupakan pengajuan pengadaan tempat berupa studio(workshop) sebagai pusat pelatihan dan produksi dari UKM Kerajinan Bunga Flanel dengan merk Fleurify yang saat ini berlokasi di desa Minomartani, Sleman,Yogyakarta. Fleurify adalah UKM yang saya, Natura Kusumadewi, dirikan pada Mei 2016 silam. UKM ini selain memiliki 5 orang karyawan sebagai pelaku operasional, juga melakukan kerjasama dengan ibu ibu warga sekitar sebagai kekuatan produksi harian kami. Saat ini, lokasi produksi kami masih menggunakan salah satu ruang di rumah ibu saya. Semakin tingginya minat terhadap bunga flanel dan minat warga untuk begabung dengan kami membuat kami membutuhkan lokasi workshop yang lebih luas. Peminat mitra fleurify semakin banyak namun studio kami kurang memadai. Studio ini nantinya akan digunakan sebagai pusat pelatihan bagi mitra yang ingin bergabung dan juga sebagai pusat produksi kami. Hal ini tentu akan sangat membantu perkembangan baik bagi UKM maupun mitra karena semakin banyak yang bisa kami latih tentu semakin besar peluang bagi warga untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus memperkuat kemampuan produksi fleurify. Untuk itu besar harapan kami untuk menjadi penerima hibah pengadaan studio sebagai tempat produksi dan pelatihan agar simbiosis mutualisme social impact ini dapat terjalin lebih baik, memberikan manfaat lebih luas sekaligus memajukan ukm Fleurify ini.

Latar Belakang Proyek

Fleurify merupakan UKM kerajinan dari Yogyakarta yang bergerak di bidang pembuatan bunga berbahan dasar kain flanel. Bunga merupakan komoditi yang diminati sepanjang masa oleh berbagai kalangan untuk momen berharga seperti wisuda, pernikahan dan ulang tahun sehingga pasarnya sangat luas, namun bunga segar cenderung mudah layu. Fleurify menawarkan bunga yang awet namun menyerupai asli dengan kelebihan nilai craftmanship yang tinggi karena dibuat satu per satu. Permintaan yang tinggi dan keinginan untuk memberikan dampak sosial menciptakan peluang yang baik untuk menjalin kerjasama dengan warga sekitar. Gagasan ini disambut positif oleh warga yang seluruhnya ibu ibu. model kerjasamanya adalah kami memberikan pelatihan gratis beserta bahan. Setelah sesuai standard, mitra bisa membawa pulang alat dan bahan sehingga bunga flanel dapat dibuat dirumah. Bunga yang sudah jadi dapat dijual kepada kami untuk kami distribusikan ke konsumen. Hasil pembuatan bunga ada yang digunakan untuk tabungan hari tua maupun membantu perekonomian keluarga. Mitra kami mengaku senang karena tidak lagi menghabiskan waktu yang tidak produktif sepeti menonton televisi. Keahlian membuat bunga flanel sangat cocok untuk ibu ibu, meski membutuhkan tingkat ketelitian tinggi tekniknya dapat dikuasai dengan pelatihan kurang dari satu bulan. Saat ini fleurify memiliki 5 orang karyawan dan 10 orang ibu yang telah menjadi mitra kami.

Masalah yang Diangkat

Kemajuan jaman membuat berbagai peningkatan akan kebutuhan termasuk ekonomi. Susahnya mendapatkan lapangan pekerjaan merupakan keluhan utama bagi banyak insan . Jika kita mampu membuka lapangan pekerjaan, daripada kita ikut berdesak desakan bersaing mencari kerja lebih baik menciptakan peluang bagi sebanyak mungkin insan lainnya. Melalui program kemitraan fleurify saya ingin menciptakan lapangan kerja yang seluas luasnya bagi banyak orang. Ibu rumah tangga merupakan sasaran utama kami karena seringkali merasa tidak punya kesempatan kerja karena keterbatasan waktu dan tuntutan mengurus rumah dan keluarga. Meski begitu. Ibu ibu memiliki banyak waktu luang saat anak sekolah, atau di sore hari yang biasa habis untuk menonton tv, kami tidak memberi batasan usia bagi mitra sehingga meski lansia asal masih berminat dapat bergabung. Selain itu ibu rumah tangga sesungguhnya memiliki keahlian terpendam. Terbukti dari pelatihan kami sebelumya, berbagai bunga dapat dikuasai hanya dalam hitungan minggu. Kerjasama ini efektif karena tidak di tuntut waktu, sehingga bisa menyesuaikan waktu yang dimiliki. Uang hasil membuat bunga ada yang digunakan untuk membeli keperluan harian, tabungan arisan dan hari tua. Minat terhadap bunga flanel terus meningkat seiring dengn minat untuk menjadi mitra, namun tempat kami terbatas. Dengan tempat yang memadai kami berharap mampu mempeluas dampak positif dari simbiosis mutualisme ini.

Indikator Sukses

Proyek dikatakan berhasil bila kami mampu memiliki studio dengan kondisi yang layak dan luasan yang memadai, baik dengan membeli atau menyewa selama 3-5 tahun. Waktu ini dirasa cukup untuk kami berproses hingga mampu memiliki tempat sendiri (apabila sewa) Mampu membina minimal 20 orang mitra Kapasitas produksi meningkat minimal 2 kali lipat

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.250 Juta

Durasi Proyek

7 bulan