Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

PP RABIAH AL ADAWIYAH DND


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

Baru Memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

733

Judul Proyek

Perjalanan Riset

Lokasi Proyek

DKI Jakarta, yogjakarta, aceh, jepara, tasikmalaya, Bengkulu, Sulawesi

Deskripsi Proyek

Mengumpulkan data tentang Pahlawan-Pahlawan Perempuan yang ada di Indonesia. Dan Memperkenalkannya kepada Masyarakat luas dengan cara mengusahakannya masuk dalalam buku pelajaran. Beda jenjang sekolah akan berbeda informasi yang akan di sampaikan. Dan juga menjadikannya buku agar bisa menjadi bahan untuk mahasiswa dalam mengerjakan tugas sejarah. Selain itu, informasi ini akan di tambahkan denga bukti keberadaan pahlawan tersebut prestasi apa yang pernah di capai. Jika ada bentuk akan di sampaikan secara menyeluruh agar pengetahuan masyarakat bukan hanya sekedar nama namun juga perjuangan-perjuangan yang telah di lewati.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Pendidikan adalah awal proses kita untuk mengetahui suatu hal. Baik di rumah atau di sekolah. Dengan Pendidikan kita bisa tahu tentang apa saja termasuk pejuang-pejuang bangsa Indonesia. Termasuk di dalamnya juga pejuang-pejuang perempuan. Namun, sangat di sayangkan jika berbicara pejuang kita seorang perempuanpun akan lansung ingat dengan sosok laki-laki. Karena pola pengajaran di awal di sekolah-sekolah yang lebih di kenalkan adalah pahlawan laki-laki. Padahal dibalik kemerdekaan indonesia ini ada pejuang-pejuang perempuan yang terlibat. Namun, kita lupa dan meremehkan kemampuan kita sendiri. Karena mulai zaman penjajahan, perempuan hanya dijadikan alat tanpa ingin melihat potensinya. Masyarakat kita mulai dari awal sudah berpikir bahwa ‘Perempuan’ hanya bisa bekerja di kasur, sumur dan dapur. Padahal jika kita tau dan kita teliti banyak perempuan yang ikut dalam perjuangan bangsa ini. Satu kali saya bertanya tentang pahlawan perempuan yang di ketahui oleh mahasiswa yang tergabung dalam suatu organisasi group Whatsap,jumlah pahlawan yang di sebutkan tak lebih dari 10. Saya juga mengajukan pertanyaan yang sama kepada ponakan dan adik saya yang duduk di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Sebutkan 5 pahlawan perempuan yang di kenal. Dan ketiganya paling banyak cuman bisa menyebut 3 orang.

Masalah yang Diangkat

Menjadi seorang pahlawan adalah salah satu hal yang tak mudah untuk dilakukan. Apalagi mengingat apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi pada diri kita. Terutama jika perjuangan sebagai pahlawan dilakukan oleh seorang perempuan. Hal yang tak biasa, namun sampai saat ini banyak masyarakat yang tak mengenal bahkan buta akan kemampuan perempuan. Perempuan tak minta di sanjung dan di beri penghargaan namun tak juga melupakan jasa-jasa mereka. Karna itu untuk membantu memberi ruang dan keber-ada-an perempuan salah satunya dengan cara memperkenalkan perempuan sejak dini dengan anak-anak didik. Yang memang untuk saat ini masih tak dilakukan oleh masyarakat luas. Program ini bukan hanya membantu anak namun juga orang desa dalam mengenal dan mengetahui seberapa besar peran perempuan dalam perjuangan kemerdekaan sampai hari ini.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Proyek ini akan dilakukan oleh saya dan beberapa teman yang akan melakukan perjalanan. Yang akan di awali dengan kunjungan ke beberapa perpustakaan besar yang ada di Indonesia. Mengumpulkan beberapa informasi dan akan dilanjutkan ke tempat yang memang pernah jadi tempat berjuang oleh pahlawan-pahlawan tersebut hingga akhirnya menuju peristirahatan akhir para pahlawan-pahlawan itu. Data yang akan di kumpulkan ini akan pasti sangat bisa di pastikan selesai sesuai waktu yang di ajukan dan akan mendapatkan hasil yang bisa dimanfaatkan masyarakat luas. Karena sampai sekarang tak ada satu bukupun yang menghimpun pejuang-pejuang perempuan dalam sebuah karya nyata untuk negeri.

Dana Hibah

Rp.200 Juta