Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

723 - Buku Antologi Cerita Fantasi Pembentuk Moral Remaja


Nama Inisiator

AMALIA FAJRIYYATIN NAJICHAH

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

7 tahun

Contoh Karya

contoh karya Amalia Najichah.mp4

Situs Web

http://amalianajichah.blogspot.co.id/

Media Sosial

instagram: @amalia_najichah

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Proyek ini merupakan sebuah penelitan dan pengembangan dalam bidang pendidikan yang disusun dalam beberapa tahapan penelitian. Muara akhir penelitian ini adalah sebuah produk berupa buku bacaan cerita fantasi bermuatan nilai moral yang diperuntukkan bagi remaja. Dalam penyusunan buku tersebut, perlu dilakukan penelitian yang mencakup: (1) kebutuhan akan bacaan sastra bagi remaja dan (2) ketersediaan buku bacaan sastra bagi remaja khususnya di Jawa Tengah. Untuk mengetahui hal-hal tersebut diperlukan adanya kerja sama dari berbagai pihak yakni: sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang saat ini ikut menyelenggarakan gerakan literasi, lembaga-lembagan pendidikan nonformal seperti sanggar atau komunitas yang melibatkan remaja, beberapa instansi kedinasan, dan perpustakaan-perpustakaan/ rumah baca yang ada di daerah Jawa Tengah. Selain itu, produk tersebut nantinya perlu diterbitkan dalam jumlah yang cukup agar dapat disumbangkan ke berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal yang membutuhkan. Pasalnya, saat ini di darah Jawa Tengah masih banyak sekolah yang sangat minim akan fasilitas terutama dalam bidang buku bacaan. Bukan sekadar adanya buku bacaan, melainkan juga dari segi kontennya sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik pada usia remaja.

Latar Belakang Proyek

Memilih buku bacaan sastra bagi remaja bukanlah hal yang mudah. Faktanya, buku bacaan yang banyak bererdar saat ini masih cenderung cocok bagi anak-anak atau dewasa. Sedangkan remaja tidak mendapat porsi yang cukup. Memang saat ini banyak beredar novel yang “seolah-olah” merupakan buku bacaan yang sangat sesuai dan memang diperuntukkan bagi remaja. Akan tetapi, sebenarnya novel-novel tersebut rata-rata bertema percintaa dan justru mengandung asupan "hedonisme" yang justru mempengaruhi pikiran maupun moral remaja menjadi ke arah negatif. Sebagai orang yang bergelut dalam bidang pendidikan, saya tergerak untuk turut menyumbang sebuah karya yang memang betul-betul cocok bagi remaja. Sebuah buku antologi cerita fantasi saya rasa cukup menarik dan dapat memberikan pelajaran moral bagi remaja. Genre fantasi dipilih karena selain jumlahnya masih minim dibandingkan genre lain, genre ini pun sangat menarik bagi usia remaja bahkan dapat dinikmati semua tingkat usia. Namun, tidak semua remaja di Jawa Tengah dapat menikmati karya-karya sastra seperti itu. Buku bacaan sastra yang notabene dianggap sebagai buku yang kalah penting dibanding buku pelajaran, harga dari buku-buku bacaan sastra tersebut pun masih cukup mahal bagi remaja dari kalangan menengah ke bawah. Untuk itu, perlu adanya sebuah buku bacaan sastra yang dapat dijangkau semua kalangan.

Masalah yang Diangkat

Masalah-masalah yang diangkat dalam proyek ini adalah: (1) kurangnya ketersediaan bacaan sastra bagi remaja, (2) tema bacaan sastra yang beredar saat ini kurang mencermikan nilai-nilai moral yang luhur sebagai contoh bagi remaja, (3) genre bacaan cerita fantasi asli karya anak bangsa minim, dan (4) akses memperoleh bacaan sastra bagi remaja-remaja di pelosok-pelosok daerah Jawa Tengah sulit.

Indikator Sukses

(1) terbitnya buku antologi cerita fantasi bermuatan nilai moral bagi remaja, (2) buku antologi dapat diedarkan dan disumbangkan secara gratis bagi remaja di pelosok-pelosok Jawa Tengah melalui bantuan dinas/instansi terkait di daerah-daerah tersebut maupun melalui lembaga-lembaga pendidikan formal/ nonformal.

Lokasi

Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

6 bulan