Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

721 - Typical Foods of West Nusa Tenggara Culture


Nama Inisiator

Nur Laily Hamidah

Bidang Seni

kuliner

Pengalaman

Baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Belum ada

Media Sosial

Belum ada

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Dalam proyek ini saya dan rekan kerja akan mengenalkan makanan-makanan khas daerah yang ada di NTB (Ayam Bakar Taliwang yang berasal dari Kabupaten Sumbawa Barat, Plecing yang berasal dari Lombok, dll) berupa resep, cara pembuatan langsung dari penduduk pribumi dan sejarah dari makanan khas NTB dalam bentuk video dan film dokumenter yang akan di publikasikan pada website dan youtube. Kami akan mengeksplor dan meliput berbagai makanan khas daerah serta budaya yang berhubungan dengan makanan itu sendiri di daerah Lombok (Lombok timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Selatan) Sumbawa Besar, Sumbawa Barat, Dompu dan Bima. Proses dan cara memasak akan di lakukan oleh orang yang mengetahui sejarah dan budaya yang terkandung dalam makanan khas tersebut.

Latar Belakang Proyek

Di Indonesia saat ini telah mengalami krisis kebudayaan. Contohnya banyak masakan dan kebudayaan khas daerah Indonesia yang kurang di hargai serta kurang di lestarikan oleh bangsa sendiri, tetapi justru di hargai oleh bangsa lain bahkan sampai mengakui masakan dan kebudayaan tersebut adalah milik mereka. Saya mengangkat topik ini karena saya ingin melestarikan masakan budaya khas daerah Indonesia. Saya sadar bahwa banyak teman-teman saya di kalangan muda yang lebih memilih masakan-masakan cepat saji (junk food) daripada makanan khas dari daerah mereka sendiri. Hal ini menyebabkan banyak dari mereka yang tidak mengetahui tentang makanan khas dari daerah mereka yang sebagian besar makanan tersebut mempunyai sejarah dan budaya tersendiri. Jika hal ini terus di biarkan, tidak menutup kemungkinan generasi muda di masa depan tidak ada lagi yang mengenal makanan dan kebudayaan khas daerah. Lebih lanjut saya ingin memperkenalkan makanan khas NTB ke seluruh masyarakat Indonesia melalui website dan youtube sebagai bentuk upaya untuk menjaga dan melestarikan masakan serta kebudayaan sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap makanan khas Indonesia kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda.

Masalah yang Diangkat

1. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebudayaan khas bangsa sendiri. 2. Minimnya dokumentasi tentang makanan-makanan khas yang ada di NTB. 3. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang makanan khas NTB khususnya bagi kalangan muda (kids zaman now).

Indikator Sukses

1. Terkumpulnya resep makanan khas daerah NTB dalam bentuk tulisan, video dan film dokumenter 2.Terpublikasikannya resep-resep makanan tersebut melalui website dan youtube yang dapat di akses oleh masyarakat.

Lokasi

Berbagai daerah di Nusa Tenggara Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.185 Juta

Durasi Proyek

6 bulan