Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

720 - Start Up Karya Kreatif Indonesia


Nama Inisiator

Titik Alfa Alfi Khoiriyah

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

Baru Memulai

Contoh Karya

Situs Web

www.titialfakhairia.com

Media Sosial

https://www.instagram.com/p/BTVt-81ASyk/?taken-by=titi_alfa_khairia

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Proyek ini adalah proyek pembuatan Aplikasi Android / iOS untuk mewadahi karya anak bangsa Indonesia terutama perempuan yang berkecimpung dalam bisnis berbasis kreatifitas dan seni.

Latar Belakang Proyek

Saya seorang Blogger, Saya telah menulis di blog sejak 2012. Jauh dalam hati saya saya ingin terjun di dunia usaha terutama yang mengangkat karya anak bangsa khususnya perempuan. Sejak dulu saya menyukai batik. seni dan makanan lokal Indonesia yang sehat dan alami. Setelah mengikuti program CODING MOM yang diprakarsai BEKraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia, keinginan saya untuk membuat StartUp, yakni bidang usaha yang berbasis teknologi makin menggebu. Keinginan saya tetap sama, yakni menyatukan karya perempuan-perempuan Indonesia yang kreatif dan luar biasa dalam satu wadah Aplikasi Android/ iOS yang bisa diakses siapa saja yang membutuhkan. Harapan saya, karya anak bangsa Indonesia terutama yang banyak melibatkan perempuan, bisa mendunia. Untuk itu saya akan berkolaborasi dengan beberapa IT Developer dari beberapa StartUp Incubator yang ada di Surabaya untuk membantu mewujudkan keinginan saya. Tentunya saya akan melibatkan banyak pengusaha kreatif, terutama perempuan untuk bersama-sama mewujudkan mimpi menduniakan karya perempuan Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Indonesia adalah surga karya seni dan kreatifitas. Seni kreatif Indonesia meliputi banyak bidang seperti busana, kriya, kuliner, fotografi , tata rias dan masih banyak lagi. Karya seni dan kreatifitas anak bangsa Indonesia sudah banyak dikenal di manca negara. Namun masih sedikit yang menyatukannya dalam wadah Teknologi Informasi sehingga mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja dari belahan dunia mana saja. Tentunya tidak sekadar bisa diakses, namun juga memberikan nilai tambah secara ekonomi. Selain itu masih banyak perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri di sektor domestik. Padahal, jika perempuan Indonesia mau berkarya kreatif dari rumahnya saja, lalu menjual karyanya melalui aplikasi Android/iOS yang tepat, mereka tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bekerja.

Indikator Sukses

Jika Aplikasi sudah bisa diluncurkan, bisa diakses, minimal secara nasional dulu.

Lokasi

Surabaya Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.250 Juta

Durasi Proyek

9 bulan